Mohon tunggu...
Kornelius Ginting
Kornelius Ginting Mohon Tunggu... Buruh - Lelaki Biasa

yang tertulis akan abadi dan yang terucap akan berlalu bersama angin -”Scripta manet verba volant”. https://www.korneliusginting.web.id/

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Lakukan Hal Ini Ketika Berlibur di Mandalika

7 Desember 2021   12:04 Diperbarui: 7 Desember 2021   18:27 3776 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kolase olahan pribadi

Momen mengenalkan Mandalika -- Lombok Tengah yang bertepatan dengan event balap motor internasional pas banget. Tidak hanya untuk masyarakat mancanegara tetapi masyarakat kita juga. Coba bayangkan, berapa banyak dari kita yang memilih untuk berlibur ke Bali ketimbang Lombok? Padahal Wonderful Indonesia itu tersebar di seluruh kepulauan.

Bali memang selalu menjadi destinasi wisata menarik dikunjungi. Ya memang tidak dipungkiri, Pulau Dewata sudah lebih dahulu terkenal akan keindahan yang dimilikinya. Padahal sebenarnya masih banyak destinasi wisata tidak kalah menarik dari Bali. Dan Mandalika, Lombok ini adalah salah satu destinasi favorit selanjutnya.

Wiki mencatat, Mandalika sendiri adalah sebuah kawasan seluas 20.035 dan berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah. Bahkan semenjak tahun 2017 Mandalika telah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dan direncanakan akan menjadi sebuah kawasan destinasi wisata.

Mandalika sendiri berasal dari nama seorang putri dalam sebuah cerita rakyat yang terkait dengan sebuah perayaan adat Bau Nyale (menangkap cacing laut) di Lombok.

Ini juga yang pada akhirnya menjadikan Mandalika sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP), sebuah harapan baru pariwisata Nusa Tenggara Barat. Fixed, liburan enggak perlu jauh dan mahal ke luar negeri, di Indonesia aja semua sudah tersedia salah satunya di DSP Mandalika.

Konferensi Internasional Mandalika, "Infinity Experiences of Nature and Sport Tourism"

Dalam kesempatan yang berdekatan dengan penyelenggaraan balap motor internasional World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Internasional Mandalika, pemerintah juga jor-joran memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang keindahan sumber daya alam di sana.

Melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekkraf) Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Harian Kompas mengadakan kegiatan Konferensi Internasional Mandalika, mengambil tema besar "Infinity Experiences of Nature and Sport Tourism". Konferensi ini mendiskusikan potensi besar kawasan Mandalika sebagai daerah Destinasi Super Prioritas.

Memang Mandalika menawarkan banyak potensi wisata. Sebut saja Kepulauan Gili dan Gunung Rinjani (Rinjani Geopark Sport Tourism Festival).

Jangan lewatkan juga sentra-sentra kuliner ikan bakar seperti di Pantai Gading dan Pantai Ampenan, serta desa-desa wisatanya yang menghadirkan keindahan budaya melalui tenun ikat, songket Lombok, dan lain-lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan