Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Viral Artikel Utama

Jalur Sepeda untuk Siapa, Seberapa Banyak yang Memanfaatkan?

8 Juni 2021   11:24 Diperbarui: 11 Juni 2021   05:23 646 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jalur Sepeda untuk Siapa, Seberapa Banyak yang Memanfaatkan?
Ilustrasi jalur sepeda (Envato Elements)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan uji coba bagi pesepada road bike menggunakan jalur kendaraan bermotor di sepanjang jalan Thamrin-Sudirman.

Dilansir Kompas.com Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, uji coba tahap awal akan dilakukan seminggu ke depan pada saat hari kerja Senin-Jumat pagi.

Dia juga mengimbau untuk seluruh pengguna jalan bisa untuk saling menghormati dan memberikan kesempatan pesepeda road bike dalam masa uji coba tersebut.

Di sisi lain, kebijakan ini dikritik keras oleh pengamat Kebijakan Publik Azas Tigor Nainggolan.

Menurutnya, kebijakan ini tidak memiliki dasar yang jelas dan diskriminatif karena hanya menentukan jenis sepeda tertentu.

Sebelumnya, persinggungan pengendara motor dan pengguna sepeda yang ramai beberapa waktu lalu.

Diketahui ketika itu pengguna motor tertangkap gambar tengah mengekspresikan kejengkelannya lantaran pengguna sepeda menggunakan jalur kendaraan bermotor.

Lantas perlukah kebijakan penggunaan jalur kendaraan bermotor bisa digunakan oleh pesepeda road bike?

Berikut konten-konten menarik dan populer di Kompasiana seputar kebijakan bersepeda:

Jalur Sepeda di Jakarta, Seberapa Banyak yang Memanfaatkan?

Membuat jalur khusus untuk pengendara sepeda, jelas sangat baik tujuannya. Harapan dari Pemprov DKI Jakarta adalah agar semakin banyak warga ibu kota yang menggunakan sepeda dari rumahnya ke tempat bekerja, belajar, atau aktivitas rutin lainnya, dan sebaliknya.

Bila itu terwujud, maka sekaligus akan menurunkan jumlah pengguna kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Dengan demikian, kualitas udara pun akan semakin baik karena polusi dari kendaraan bermotor kian berkurang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN