Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Bagaimana Rasanya Dilabel "Artikel Utama" dan Dibaca Banyak Orang selama 2020?

6 Januari 2021   08:04 Diperbarui: 7 Januari 2021   14:04 854 32 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Rasanya Dilabel "Artikel Utama" dan Dibaca Banyak Orang selama 2020?
Ilustrasi reaksi ketika melihat kontennya dilabeli Artikel Utama. (sumber: pixabay.com/JerzyGorecki)

Kompasianer, bagaimana rasanya ketika konten yang kamu tayangkan mendapat label menjadi "Artikel Utama"?

Atau begini saja, masih ingat konten pertama Kompasianer yang menjadi "Artikel Utama"? Reaksi apa yang pertama Kompasianer lakukan ketika itu?

Barangkali tidak sering, akan tetapi, konon setiap pengalaman yang "serba pertama" itu akan membekas cukup lama dalam ingatan.

Namun, mungkin lebih jauh berbeda jika sudah menjadi "Artikel Utama" dan kontennya dibaca oleh banyak orang. Berikut adalah 20 konten "Artikel Utama" berdasarkan jumlah pembaca tertinggi yang tercatat di mesin statistik Kompasiana sepanjang 2020.

1. 5 Sikap Warga Negara yang Baik Saat Pandemi Covid-19

Konten yang dibuat oleh Kompasianer Yon Bayu mendapat keterbanan terbanyak sepanjang 2020 dengan total 59.482 setelah jadi "Artikel Utama". Konten tersebut mengulas tentang hal-hal yang bisa dilakukan oleh warga pada awal Pandemi Covid-19. (Baca selengkapnya)

2. Hening Cipta untuk Li Wenliang, Si Peniup Peluit Virus Corona

Masih seputar pandemi covid-19, Kompasianer Muhammad Arief Ardiansyah menyampaikan kabar duka: dokter pertama menyebarkan berita terkait virus baru ini, Li Wenliang, tutup usia pada Jumat (7/2/2020) waktu setempat. (Baca selengkapnya)

3. Persiapkan Diri 15 Tahun ke Depan, Pekerjaan Ini Akan Hilang dan Tak Diminati Lagi

Tidak ada yang tidak terdampak ketika pandemi covid-19 sudah melanda seluruh negeri. Pekerjaan, misalnya, ada yang bekerja di rumah dan ada yang "dirumahkan" oleh perusahaan. Namun Kompasianer Indra Mahardika memerkirakan beberapa pekerjaan yang tidak lagi diminat kemudian hari. (Baca selengkapnya)

4. Andy Liany: Sang Legenda Rock N' Roll dengan Akhir Kisah Tragis

Kompasianer Derby Asmaningrum mendapat kesempatan yang amat berharga ketika berkesempatan mewawancarai adik kandung alm. Andy Liany, Al Hafez Saleh dan mengulasnya cukup sentimentil kisah Rocker Andy Liany. (Baca selengkapnya)

5. Mengenang Soedjono Hoemardani, Jenderal Dukun, Menteri Urusan Mistis, dan Penasihat Spiritual Soeharto

Mungkin namanya tidak sefamiliar orang-orang yang ada di sekitar Presiden Soeharto ketika sedang lama berkuasa. Akan tetapi Soedjono Hoemardani, sosok yang diulas Kompasianer Rudy Gunawan menjawab banyak pertanyaan atas apa yang terjadi ketika itu. (Baca selengkapnya)

6. Panduan Mengunakan Google Classroom untuk Sistem Belajar Online

Kompasianer Himam Miladi amat cekatan melihat permasalahan yang ada ketika seluruh sekolah dipindahkan ke rumah siswa masing-masing. Maka untuk memudahkan banyak orang untuk beradaptasi dalam proses belajar, perlu adanya panduan seperti Google Classroom yang kini digunakan. (Baca selengkapnya)

7. WNI Positif Corona dan Gugurnya Mitos Orang Indonesia Kebal Corona

Kita semua kaget ketika kasus positif covid-19 pertama ditemukan di Indonesia. Mitos-mitos yang selama ini berkambang bahwa kita kebal atas virus tersebut akhirnya sirna. Kompasianer Ruang Berbagi (Bobby) mengulasnya dengan runut. (Baca selengkapnya)

8. Ini Jawaban Misteri Bahtera Nabi Nuh

Hingga hari ini, sejak  275-339 Masehi, banyak peneliti masih mencari keberadaan bahtera Nuh tersebut. Kompasianer Fadly Bahari mengumpulkan data, mengkajinya, dan mencari jawaban sendiri atas bahtera Nabi Nuh itu. Konten yang seru! (Baca selengkapnya)

9. Ini Dua Alasan Shanks Akan Muncul di Babak 4 Wano Arc

Adakah penikmat atau penggemar One Piece di sini? Petualangan bajak laut ini sampai sekarang belum berakhir. Seperti yang diulas oleh Kompasianer Doni Febriando ketika Monkey D. Luffy mengingat lawan kali ini adalah bajak laut yang paling kuat di dunia: Kaido. (Baca selengkapnya)

10. Putra Amien Rais Berseteru, Akankah Serupa Kisah Para Putri Sukarno?

Kompasianer Om Gege (Tilaria Padika) menganalisis perbedaan sikap politik antara dua putra Amien Rais sudah menajam semenjak kongres rusuh PAN. (Baca selengkapnya)

11. Duka Menjadi Suspect Covid-19 dan di Balik Kamar Karantina

Barangkali Kompasianer Kamajaya merupakan konten pertama yang diterima Kompasiana kala semua orang ragu dan malu ketika terpapar virus Covid-19. Sayangnya, hingga kini, apa yang dialami Kompasianer Kamajaya justru semakin banyak dan berat. (Baca selengkapnya)

12. Tentang Kartu ATM bagi Pensiunan dan Mereka yang Berbahagia Setiap Tanggal 25

Bagi seorang pensiuan, kartu ATM layaknya penyambung hidup setiap bulannya. Setiap terisi, walaupun akan langsung terkuras isinya, tetap saja amaat berharga. Kompasianer Irwan Rinaldi menceritakan itu dengan amat menarik! (Baca selengkapnya)

13. Bukan karena Charlotte Katakuri, Ini Alasan Banderol Monkey D. Luffy Tembus 1,5 Miliar

Kisah lain bajak laut One Piece kembali mendapat perhatian banyak pembaca seperti yang ditulis Kompasianer Doni Febriando ini. Yakni tentang banderol untuk Monkey D. Luffy sebesar 1,5 miliar. (Baca selengkapnya)

14. Australia Bukanlah Pasar untuk Starbucks 

Untuk sekadar kedai kopi, Starbucks barangkali kisah sukses yang bisa ditularkan oleh para wirausahawan yang bergelut di bidang kopi. Akan tetapi, seperti yang ditulis Kompasianer Peter Jeandrie kalau belakangan ini, seperti di Australia misalnya, Starbucks gagal. (Baca selengkapnya)

15. Indonesia Resesi? Terima Kasih, Sri Mulyani!

Awalnya kita seperti tidak percaya kalau Indonesia mengalami resesi seperti negara-negara lainnya. Akan tetapi, seperti yang diulas Kompasianer Bung Salam, Indonesia resmi mengalami resesi mulai akhir September 2020. (Baca selengkapnya)

16. Ayo, Petani Indonesia Tanam Porang!

Ada yang sudah pernah melihat tanamanan porang? Pada tahun 2020, sebagaimana Kompasianer Gudo Reba ceritakan, kalau tanaman tersebut sudah bisa bersaing dengan cengkeh! Sebuah peluang bisnis yang menggiurkan, bukan? (Baca selengkapnya)

17. Refleksi untuk Amien Rais: Setiap Orang Ada Masanya, Setiap Masa Ada Orangnya  

Dunia perpolitikan di Indonesia sepertinya selalu menarik untuk dibahas, termasuk orang-orang yang masih terlibar di dalam maupun di luarnya. Kompasianer Aldentua S Ringo mencontohkan itu untuk sosok Amien Rais yang membuat partai politik barunya. (Baca selengkapnya)

18. Pandemi Covid-19 di Indonesia Berakhir April 2020, dengan Syarat...

Kasus pertama yang ditemukan di Indonesia terjadi pada awal Maret 2020. Akan tetapi 3 orang peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) seperti yang ditulis Kompasianer Agis S. Habib memprediksi kalau pandemi di Indonesia bisa berakhir April 2020. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku~ (Baca selengkapnya)

19. Menguak Akar LGBT dari Sudut Pandang Hipnoterapis

Ada orang Indonesia yang sempat menjadi perhatian dunia, Reynhard Sinaga namanya. Sebagai praktisi hipnoterapis, Kompasianer Endro S Efendi menceritakan beberapa pengalamannya ketika bertemu pasien seperti yang dialami Reynhard Sinaga. (Baca selengkapnya)

20. Telisik Sisa Keangkeran Alas Donoloyo, Wonogiri

Apakah kamu tertarik dengan wisata mistis? Mau coba? Barangkali perjalanan yang dilakukan Kompasianer Teguh Hariawan dapat memberi gambaran ketika hendak ke Alas Donoloyo di Wonogiri. (Baca selengkapnya)

---

Dari ke-20 konten di atas, mana yang jadi favorit Kompasianer? Semoga pada akhir 2021 konten dari Kompasianer yang ada di sana, ya. Ada, "amin" untuk itu? Amin!

ilustrasi: KOMPASIANA
ilustrasi: KOMPASIANA

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x