Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Meski Positif Covid-19, Menaker Tetap Hadir di Kompasianival 2020

5 Desember 2020   07:40 Diperbarui: 5 Desember 2020   07:44 36 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meski Positif Covid-19, Menaker Tetap Hadir di Kompasianival 2020
Tangkapan layar Menaker Ida Fauziyah di Kompasianival 2020/kompasiana.com

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah yang tengah menjalani isolasi mandiri tetap menjalankan agendanya, salah satunya hadir di Kompasianival 2020 melalui daring, Jumat (4/12/2020).

"Alhamdulillah, saya memang hasil tes PCR saya dinyatakan positif. Tapi secara fisik saya cukup baik sehingga sore hari ini saya bisa menyapa teman-teman semua," katanya.

Dalam kesempatan itu Ida menyampaikan dampak pandemi Covid-19 telah cepat mengubah transformasi ketenagakerjaan yang terus bergerak di masa revolusi industri 4.0.

Menurut Ida, kondisi ini membuat profil dan kemampuan tenaga kerja yang dibutuhkan di masa depan juga akan berubah.

"World Economic Forum sudah memprediksikan kemampuan yang dibutuhkan ke depan adalah kemampuan pemikiran kritis, kreativitas, penggunaan desain teknologi, kemampuan menyelesaikan masalah fleksibilitas, kemampuan menghadapi stres, serta kepemimpinan dan pengaruh sosial," ujarnya.

Sementara itu, masih dikatakan Ida, nantinya akan ada kemampuan yang semakin kurang dibutuhkan di masa depan, seperti kemampuan manual dan tradisional.

"Jadi jelas, dunia usaha di Indonesia juga sedang proses transformasi yang sama dengan yang terjadi di seluruh dunia. Karena itu kompetensi dan fleksibilitas kerja menjadi poin utama," ujarnya.

Adapun Kompasianival sendiri merupakan kopi darat bagi para kreator konten dan komunitas.

Tahun ini, Kompasianival mengangkat teman "Mulai dari Kita!" yang diselenggarakan 3 hingga 5 Desember 2020 secara virtual.

VIDEO PILIHAN