Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

5 Artikel Populer, dari Tragedi Siswa SMPN 1 Turi Hanyut hingga Vaksinasi TT Sebelum Menikah

23 Februari 2020   05:30 Diperbarui: 23 Februari 2020   10:21 2516 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Artikel Populer, dari Tragedi Siswa SMPN 1 Turi Hanyut hingga Vaksinasi TT Sebelum Menikah
Tim SAR gabungan saat berkoordinasi untuk melakukan pemantuan titik-titik lokasi pencarian korban hanyut di Sungai Sempor, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (22/2/2020).(KOMPAS.com/WIJAYA KUSUMA)

Tragedi hanyutnya puluhan siswa SMPN 1 Turi Sleman dalam kegiatan susur Sungai Sempor, Jumat (21/02) menjadi topik yang ramai dibahas, baik di media sosial maupun di Kompasiana.

Hingga Sabtu (22/02) malam, dari total 249 siswa, 8 orang dinyatakan meninggal dunia dan 2 orang lagi masih dalam pencarian.

Selain tragedi memilukan tersebut, ada beberapa topik populer lainnya, seperti menyoal vaksin TT dan HPV sebelum menikah atau tentang aktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut belum lama ini. Berikut 5 artikel Kompasiana yang mendapat banyak perhatian kemarin:

1. Tragedi SMPN 1 Turi Sleman, Kegiatan Luar Sekolah Harus Lebih Berhati-hati

Foto: Dok. BNPB
Foto: Dok. BNPB
Tragedi yang menimpa siswa SMP 1 Turi Sleman ini hendaknya bisa dijadikan pelajaran berharga, bahwa pihak sekolah harus lebih berhati-hati saat mengajak siswa melakukan kegiatan outbound di luar sekolah. Penanggung jawab kegiataan harus lebih memperhatikan dengan seksama aspek keselamatan siswa. (Baca selengkapnya)

2. Mengapa Harus Vaksinasi TT dan HPV Sebelum Menikah?

Foto: via msn.com
Foto: via msn.com
Sebaiknya, masih menurut dokter, setiap wanita yang akan (dan setelah) menikah harus mendapatkan Vaksin TT sebanyak (total) 5 kali. Suntikan itu diberikan secara bertahap. Jadwal dimulai sebulan sebelum menikah hingga sekitar 2 tahun sesudahnya. (Baca selengkapnya)

3. Setelah 37 Tahun Mati Suri, Jalur Kereta Api Cibatu Garut Diaktifkan Lagi

(Foto: Agung Han)
(Foto: Agung Han)
Siang itu, suasana di stasiun Garut benar-benar riuh dan semarak. Wajah wajah penuh antusias dan bahagia, tumpah ruah memadati setiap jengkal area stasiun. Yel-yel mereka semakin jelas terdengar, ketika pintu kereta inspeksi (KAIS) terbuka perlahan. (Baca selengkapnya)

4. Pesan dari Perdebatan Ustadz Zaitun Rasmin dan Ali Mochtar Ngabalin

(Foto: KOMPAS.com/DETI MEGA PURNAMASARI)
(Foto: KOMPAS.com/DETI MEGA PURNAMASARI)
Rasanya tak berlebihan jika menyebut Ustadz Zaitun Rasmin dan Ali Mochtar Ngabalin sebagai ahli. Karena di kacamata saya, mereka memiliki pengetahuan lebih di bidangnya masing-masing. Mengenai perkataan Zaitun tentang 'orang sok tahu', hari ini memang banyak kita jumpai.. dalam hal apa pun. (Baca selengkapnya)

5. Gua Tempat Jasad Nabi Adam Disemayamkan

(Foto: via gaia.com)
(Foto: via gaia.com)
Merujuk pada naskah The Forgotten Books of Eden, dan secara hati-hati mencermati kalimat yang membahas gua tempat Adam dan Hawa menetap, tergambar pemahaman jika kondisi geografis yang dilukiskan dalam naskah tersebut berbeda dengan kondisi geografis di mana "Cave of the Patriarchs" dan "Cave of Treasures" berada. (Baca selengkapnya)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x