Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Editor - Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Kompasiana Masuk 10 Besar Media Digital Terbesar di Indonesia

16 Februari 2018   16:53 Diperbarui: 17 Februari 2018   16:59 3304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kompasiana Masuk 10 Besar Media Digital Terbesar di Indonesia

Perusahaan riset asal Amerika Serikat comScore awal tahun ini mengumumkan peringkat media digital di Indonesia. Dalam laporan yang bertajuk “The 10 Biggest Digital Media in Indonesia”, platform blog Kompasiana.com masuk ke dalam 10 besar media digital terbesar di Indonesia tahun 2017.

comScore menentukan peringkat tersebut berdasarkan perolehan total unique visitor (UV) dan pageviews (PV) masing-masing media. Dengan perolehan total UV 7.417.000 dan PV 14.620.000, Kompasiana berhasil menempati peringkat kesembilan, bersaing ketat dengan viva.co.id di peringkat delapan dan CNN Indonesia di peringkat sepuluh sebagai juru kunci.

COO Kompasiana Iskandar Zulkarnaen menanggapi dengan optimis perkembangan Kompasiana kedepannya. Menurutnya, pengelolaan konten semakin baik.

“Tentu membuat kami senang dan bangga. Laporan yang dirilis tersebut menunjukan bahwa kita semakin baik dalam mengelola maupun mengurasi konten,” katanya yang ditemui di kantor Kompasiana di kawasan Palmerah, Jakarta (15/2/2018).

kompasiana.com, tambahnya, berusaha untuk rata-tata pembaca setiap artikel meningkat dan jumlah artikel yang masuk juga lebih banyak lagi. Ini (laporan yang dirilis comScore) membuat user semakin yakin kalau dia menayangkan artikel di Kompasiana.com akan banyak.

grafis: CNN Indonesia
grafis: CNN Indonesia
Di tempat yang sama, Content & Product Asst. Manager Kompasiana Nurulloh mengatakan hal senada. Menurutnya, sejak awal tahun 2017 pencapaian UV dan PV Kompasiana mengalami kenaikan.

“Sejak awal tahun 2017, pencapaian UV dan PV Kompasiana mengalami tren positif bila dibandingkan tahun 2016,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa UV Kompasiana naik 27% dibanding tahun 2016 dengan rata-rata 13 jutaUV/bulan. Sedangkan PV 2017 mengalami kenaikan sekitar 16% dibanding tahun sebelumnya dengan rata-rata 26 juta PV/bulan.

Pencapaian tersebut didukung dengan sistem dan infrastruktur yang lebih baik serta beragam program dan produk yang diluncurkan Kompasiana.

Kompasiana Content Affiliation (KCA)yang memberikan keuntungan rupiah kepada pengguna yang mengikuti program, Monthly Reward Kompasiana yang memberikan apresiasi kepada pengguna yang memiliki performa terbaik di tiap bulannya, blog competition yang rutin diadakan sampai kepada produk Kolaborasi Interaktif Kompasiana (KIK) sebuah kemasan konten hasil dari kolaborasi antar-Kompasiaaner yang disajikan secara multimedia merupakan produk dan program yang dijalankan Kompasiana.com sepanjang 2017 dan akan terus dikembangkan di tahun-tahun mendatang.

Di dalam laporan perusahaan yang secara resmi menjadi penyedia data standard untuk pengukuran online audiens di Indonesia ini, media online Kompas.com, induk Group of Digital Kompas Gramedia, berada di peringkat keempat. Sedangkan Detik.com, Tribunnews.com dan Liputan6.com berturut-turut menempati peringkat tiga teratas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun