Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Apa Sebenarnya Makna yang Disampaikan Jokowi saat Bermain Futsal?

11 Februari 2017   03:23 Diperbarui: 14 Februari 2017   11:14 428 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Sebenarnya Makna yang Disampaikan Jokowi saat Bermain Futsal?
Ilustrasi. Banglanewspaper.net

Ditengah meningginya tensi politik mendekati Pilkada Serentak, Presiden Joko Widodo asik bermain futsal melawan wartawan istana di daerah Kelapa Gading, Jakarta. Acara ini dilakukan untuk memperingati hari pers nasional pada 9 Februari 2017.

Selain artikel tentang Jokowi tadi, ada juga tulisan mengenai pentingnya pembangunan di pulau-pulau kecil Indonesia untuk meningkatkan pendapatan daerah dan pusat. Berikut adalah lima headline pilihan hari ini yang sayang jika dilewatkan.

1. Politik Sepak Bola Joko Widodo

Jokowi saat bermain futsal bersama sejumlah petinggi negara dan sejumlah wartawan istana/@seskab
Jokowi saat bermain futsal bersama sejumlah petinggi negara dan sejumlah wartawan istana/@seskab
Jangan tanya soal kekuatan dari olahraga, karena permainan satu ini mampu “menyihir” setiap insan. Berkat keriuhannya masyarakat tak lagi memandang golongan dari setiap individu yang bertanding maupun para penontonnya, semua menjadi satu. Namun kekuatan olahraga juga bisa menjadi awal dari gesekan seperti perseteruan penonton maupun perkelahian pemain karena tidak terima dengan hasil akhir.

Bahkan olahraga juga menjadi satu cara seseorang keluar dari kesulitan-kesulitannya seperti Harry Haft bisa lolos dari kamp konsentrasi Auschwitz karena tinju. Lewat olahraga bulu tangkis, Indonesia sedikit bisa jumawa dari Negara Belanda yang menjajah Indonesia 350 tahun. Negeri Kincir Angin tersebut tak memiliki tradisi juara dalam cabang olahraga satu ini.

Presiden Indonesia, Joko Widodo baru-baru ini mengunggah videonya yang nampak ceria menonton sepak bola. Netizen berkomentar akan hal ini, banyak diantara mereka yang memandangnya kearah positif. Dalam pembukaan Piala Presiden 2017, Jokowi juga menunjukan kesenangan tatkala ia turun kelapangan untuk menendang bola sebagai prosesi pembukaan kompetisi jelang bergulirnya Liga resmi Indonesia.

Kegembiraan ini membuat masyarakat merasa lebih tenang karena situasi Indonesia kini dilanda ketidak pastian dan saling tuduh yang menjemujan. Turunnya Jokowi ke lapangan saat pembukaan Piala Presiden 2017 juga mematahkan statusnya sebagai presiden dan jauh dari rakyat.

Seakan mengetahui kekuatan olahraga, Jokowi memanfaatkan moment hari pers dengan mengajak para menteri beserta wartawan istana bermain futsal. Walau hanya sanggup bermain selama tujuh menit, namun memiliki banyak makna.

“Ketika mimbar, ruang pertemuan dan layar televisi disarati ketegangan, dan lini-lini sosial media tak lebih dari panggung sandiwara, lapangan futsal menjadi tempat penghiburan yang otentik. Ruang pelepas segala tekanan dan beban,” kata Charles Emanuel dalam artikelnya.

(Selengkapnya)

2. Indonesia yang Akan Kaya dengan Pembangunan Pulau-pulau Kecil

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN