Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Inilah Pemenang Blog Competition "Kemandirian Energi untuk Indonesia Mendunia"

22 Januari 2016   18:01 Diperbarui: 22 Januari 2016   18:01 1560 19 13

Kemajuan suatu negara ditentukan oleh seberapa jauh negara tersebut berhasil membangun infrastruktur yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, pembangunan tersebut membutuhkan sumber daya minyak gas dan bumi (migas) yang tidak sedikit. Berbeda dengan sumber daya alam hayati yang sifatnya berkelanjutan, sumber daya migas tidak dapat diperbarui.

Faktor itulah yang menjadi landasan PT Pertamina Persero (Pertamina) dalam misi mencegah krisis energi akibat terbatasnya pasokan migas. Oleh karena itu, Pertamina melakukan beragam pengujian sumber energi alternatif, seperti panas bumi, hidropower, tenaga surya dan lain-lain. Dengan berhasil mendapatkan sekaligus memanfaatkan sumber energi alternatif tersebut, tentunya Indonesia dapat menjadi negara yang mandiri dan mendunia dalam hal ketahanan energi. 

Akan tetapi, Pertamina masih belum mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, misalnya saja dari segi regulasi. Bila dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan luar negeri, Pertamina tidak memiliki wewenang penuh untuk mengelola sumber daya migas yang sudah ada maupun sumber energi alternatif.

Pada 10 – 31 Desember 2015 lalu, Kompasiana dan Pertamina mengajak Kompasianer untuk berbagi ide dan pemikiran seputar tema “Kemandirian Energi untuk Indonesia Mendunia” melalui karya tulis yang bermanfaat. Dari sekian banyak ide dan pemikiran yang dikirimkan oleh Kompasianer, Kompasiana dan Pertamina telah memilih tiga karya tulis terbaik, yaitu:

Selamat kepada para pemenang. Selanjutnya, silakan konfirmasikan diri Anda dengan mengirimkan email ke kompasiana[at]kompasiana[dot]com. Sertakan subyek “Pemenang Blog Competition Pertamina” dan data diri dengan format sebagai berikut:

  • Nama lengkap
  • Alamat lengkap
  • No. handphone (aktif)
  • KTP
  • NPW
  • Nama bank dan no. rekening

Tak lupa Kompasiana dan Pertamina mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta. Nantikan kompetisi Kompasiana selanjutnya. Untuk mengetahui event yang sedang berlangsung, silakan klik di sini