Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Nyicil Rumah Mahal (Pake) Banget! Apa Ngontrak Aja, Ya?

24 April 2024   14:28 Diperbarui: 25 April 2024   12:13 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diolah Kompasiana dari Shutterstock dari KOMPAS.com

Kalau suruh milih, Kompasianer mending ngontrak rumah aja atau KPR rumah? Apa alasannya?

Kalau ngomongin punya rumah zaman sekarang, enggak bohong deh mahalnya. Minta ampun. Niat punya rumah sendiri jadi mikir-mikir lagi. Lokasinya jauh-jauh pula.

Pasalnya harga rumah kan melonjak terus. Uang mukanya aja udah selangit, ditambah lagi cicilan yang flat-nya paling 3-5 tahun pertama aja. Seterusnya belum tentu, bisa naik, bisa turun. Eh tapi mungkin gak sih cicilan rumah tuh turun harga?

Sementara penghasilan kita ya segitu-gitu aja. Kebutuhan lain juga makin mahal. Terus kapan punya rumahnya, dong?

Ngontrak? Mau sampai kapan? Kita kan nggak terus-terusan punya penghasilan. Kalau sudah pensiun, terus nggak punya rumah, mau tinggal di mana? Tapi kan enak kalau ngontrak bisa pilih rumah yang dekat kantor. Kalau bosan, tinggal pindah. Gak perlu bayar PBB dan biaya perawatan rumah.

Kompasianer, gimana dong nih? Bingung... Kamu ada yang ngerasain juga? Terus punya saran apa?

Kalau Kompasianer sendiri pilih mana? Ngontrak aja sambil nabung dikit-dikit sampe bisa beli rumah? Atau tinggal di rumah orangtua, mertua, atau ngekos sambil nyicil KPR rumah? Bener nggak sih ngontrak rumah lebih menguntungkan daripada nyicil KPR?

Terus gimana sih cara kamu kelola uang untuk beli atau nyicil rumah? Ada tipsnya ngga? Ada ngga tips supaya nyicil KPR biar nggak jadi mahal-mahal banget gitu? Atau tips biar nggak kena tipu? Serem banget kan kalau sampe ketipu...

Bagiin dong pengalaman dan tips dari kamu. Jangan lupa masukin label KPR atau Ngontrak (tanpa spasi) setiap kamu bikin konten ya.

Siapa tahu mimin bisa punya rumah idaman...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun