Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Servis Motor, Pilih Bengkel Resmi atau Pinggir Jalan?

2 September 2022   21:32 Diperbarui: 3 September 2022   03:30 400 29 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Servis Motor. (Diolah kompasiana dari foto: Fathan via kompas.com)

Kompasianer, biasanya kalau servis motor pilih bengkel resmi atau nonresmi? Apa alasannya? Apa bedanya?

Memilih bengkel untuk motor kesayangan memang harus tepat. Mulai dari pelayanan hingga harga yang ditawarkan masing-masing penyedia layanan servis motor.

Saat ini setidaknya ada dua bengkel servis motor yang biasa dikunjungi konsumen, bengkel resmi dan nonresmi, atau biasanya disebut bengkel pingkir jalan.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya, bengkel resmi dipastikan memiliki fasilitas atau peralatan yang jauh lebih memadai. Tapi biaya servis dan spare part-nya mahal.

Sementara bengkel nonresmi memiliki keluasaan untuk konsultasi dan "nego" dengan mekaniknya. Harga bisa miring, sih. Tapi, kita jadi tidak tahu kualitas spare part yang ditawarkan. Salah-salah, ongkos yang keluar jadi lebih mahal dibanding servis ke bengkel resmi.

Urusan memilih bengkel ini memang cukup pelik. Apalagi biasanya customer memiliki budget yang terbatas. Kalau belum ada uangnya, biasanya kita minta "diakali" dulu ke mekanik supaya biaya servis tidak membengkak.

Kompasianer, yuk ceritakan pengalamanmu servis motor di bengkel resmi dan pinggir jalan ini? Mana yang lebih jadi favoritmu? Adakah kiat-kiat khusus memilih bengkel? Mana yang menjadi prioritas pertimbanganmu; kualitas atau harga?

Dan adakah tips untuk merawat motor yang memiliki "penyakit kambuhan"? Serta, bagaimana merawat motor lawas yang sudah jarang ditemui suku cadangnya?

Bagikan opini dan pengalamanmu terkait hal tersebut di Kompasiana dengan label Bengkel Servis Motor pada tiap konten yang kamu buat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan