Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Program Naturalisasi di Era Shin Tae-Yong

18 Januari 2022   01:51 Diperbarui: 18 Januari 2022   05:37 1065 11 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Diolah dari AFP/GETTY IMAGES/YONG TECK LIM via KOMPAS.com

Setiap ada rencana naturalisasi pemain sepak bola, kita akan selalu dihadapkan pada pertanyaan: apakah dari segini banyaknya penduduk Indonesia, tidak ada yang bisa bermain sepak bola?

Saat ini PSSI tengah mempertimbangkan menaturalisasi 4 nama kandidat berdasarkan rekomendasi Shin Tae-yong. Rekomendasi ini lantas mendapat kritik dari Anggota Eksekutif (Exco) PSSI Haruna Soemitro.

Dalam kritiknya, seperti dikutip dari KOMPAS.com, Haruna Soemitro mempertanyakan hasil yang telah didapat dari program naturalisasi di era kepelatihan Shin Tae-yong.

Padahal, rekomendasi yang dimaksud adalah untuk memenuhi kebutuhan Shin Tae-yong yang ingin mengisi kekosongan/kelemahan pada beberapa posisi.

Ya, itu dua hal yang berbeda. Sedang posisinya, saat ini PSSI justru sedang bekerja untuk secepatnya dapat menutupi kebutuhan tersebut.

Silang pendapat ini berujung pada ragam reaksi warganet di media sosial. Apalagi karena Shin Tae-yong dikabarkan lebih suka mengundurkan diri daripada dianggap tak kompeten menangani Timnas.

Lalu bagaimana tanggapan Kompasianer atas sengkarut opini ini? Memangnya bagaimana penilaian Kompasianer terhadap pemain naturalisasi yang pernah bergabung dengan Tim Garuda?

Apakah sudah memberi dampak bagi timnas Indonesia? Bagaimana sebaiknya sikap Shin Tae-yong dan Haruna Soemitri menghadapi situasi ini?

Silakan tambah label Naturalisasi di PSSI (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan