Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Tarik Rem, Siap-siap Kembali PSBB!

10 September 2020   19:11 Diperbarui: 11 September 2020   06:00 955 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tarik Rem, Siap-siap Kembali PSBB!
Gambar diolah Kompasiana dari KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan menerapkan PSBB secara ketat mulai Senin (14/09/2020). Putusan ini dipicu oleh meningkatnya angka positif kasus Covid-19 menyentuh 1.000 penderita per hari, tingginya kematian, dan menipisnya kapasitas fasilitas kesehatan.

Jumlah kematian, dirilis oleh Kompas.com, mengalami peningkatan dalam dua pekan terakhir.

"Di sini kapasitas ICU 528 tempat tidur, bila kenaikan berjalan terus, tren naik terus maka 15 September akan penuh," tutur Anies.

Karenanya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan mulai Senin tanggal 14 September kegiatan perkantoran yang non esensial diharuskan untuk dilakukan dari rumah (disampaikan pada Rabu 09/09/2020).

Anies menegaskan, WFH bukan berarti meliburkan kegiatan perekonomian. Hanya saja kembali menugaskan warga untuk bekerja dari rumah. Kebijakan ini direspons pasar dengan pelemahan IHSG pada hari Kamis (10/9).

Kemudian juga dengan diberlakukann PSBB ini jam operasional transportasi dan kapasitas penumpang akan kembali dibatasi untuk mengurangi pergerakan masyarakat di wilayah Ibu Kota dan berpengaruh ke provinsi di sekitarnya.

Kompasianer, bagaimana opinimu mengenai penerapan kembali PSBB ini? Apakah kamu salah satu yang terdampak? Apakah kebijakan ini perlu diikuti oleh provinsi lain, menyusul dicekalnya Indonesia oleh sejumlah negara karena tingkat infeksi yang tinggi?

Bagikan opini atau gagasan kamu di Kompasiana dengan menyertakan label Kembali PSBB (menggunakan spasi) pada tiap konten yang kamu unggah.

VIDEO PILIHAN