Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Sudah Boleh Berlibur, Belum?

17 Juni 2020   22:30 Diperbarui: 18 Juni 2020   05:20 721 20 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sudah Boleh Berlibur, Belum?
Diolah Kompasiana dari Kompas/Yovita Arika

Kamu gerah ingin melangkahkan kaki ke tempat wisata? Kangen ngobrol dan makan-makan cantik dengan teman di kedai langganan, jalan-jalan ke mal, dan nonton film di bioskop bareng kesayangan?

Memang, lokasi wisata se-Indonesia secara bertahap mulai dibuka. Bahkan layanan privat seperti salon, barbershop, dan terapi kesehatan pun mulai mendapatkan izin untuk kembali beraktivitas dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Hal tersebut dikarenakan sejumlah wilayah di Indonesia seperti Jawa Timur dan DKI Jakarta telah memulai masa PSBB Transisi. Sementara ada pula zona yang belum lama ini mengakhiri masa PSBB pada pertengahan Juni, dan berencana memulai PSBB Transisi seperti Sumatera Barat Sulawesi Selatan, dan Kota Bogor.

Padahal kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah di Indonesia. Paling tidak hingga Selasa (16/6/2020) pukul 12.00, berdasarkan data yang dihimpun pemerintah, terjadi penambahan 1.106 kasus baru positif Covid-19 per harinya.

Ditambah lagi Kemendikbud menetapkan Tahun Ajaran Baru 2020 tetap dimulai pada Juli 2020 dan pembelajaran tatap muka tetap diberlakukan bagi wilayah zona hijau. Hmm.. peluang pembentukan cluster baru pun menjadi banyak.

Kompasianer, bagaimana kondisi terkini di sekitarmu? Bagaimana kamu menyikapi PSBB Transisi? Akankah kamu "berlibur" ke tempat-tempat yang kamu rindukan selama ini? Adakah tips supaya "liburan"-mu tetap aman dan nyaman?

Tuliskan peristiwa dan opinimu tentang isu ini di Kompasiana. Sematkan label PSBB Transisi (dengan spasi) pada setiap konten yang kamu buat.

VIDEO PILIHAN