Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Protokol "New Normal" ala Kemenkes

26 Mei 2020   17:30 Diperbarui: 26 Mei 2020   21:17 629 24 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Protokol "New Normal" ala Kemenkes
Ilustrasi Protokol New Normal ala Kemenkes diolah dari sumber: Freepik

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan protokol normal baru (new normal) bagi perkantoran dan industri dalam menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19 yang diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Ketentuan tersebut antara lain perusahaan wajib memiliki tim penanganan Covid-19 hingga menerapkan physical distancing dengan jarak antar-karyawan selama bekerja di lokasi kerja, baik kantor maupun industri, minimal satu meter.

Pemerintah beralasan dunia usaha dan masyarakat pekerja memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan karena besarnya jumlah populasi pekerja dan besarnya mobilitas, serta interaksi penduduk umumnya disebabkan aktivitas bekerja.

"Tempat kerja sebagai lokus interaksi dan berkumpulnya orang merupakan faktor risiko yang perlu diantisipasi penularannya," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto seperti dikutip dalam laman resmi Kemenkes, Senin (25/5/2020).

Sementara itu, untuk fase kedua yakni pada 8 Juni 2020 diperuntukan untuk toko, pasar, dan mal diperbolehkan beroperasi kembali.

Kompasianer, bagaimana opini kamu mengenai protokol normal baru dari Kemenkes ini?

Bagikan opini kamu di Kompasiana baik dengan artikel maupun video dengan menyematkan label Protokol New Normal (menggunakan spasi) dari tiap konten yang kamu bagikan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x