Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

[Topik Pilihan] 100 Hari Kabinet Jokowi-Ma'ruf, Siapa Kena Reshuffle?

28 Januari 2020   18:51 Diperbarui: 28 Januari 2020   22:21 448 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Topik Pilihan] 100 Hari Kabinet Jokowi-Ma'ruf, Siapa Kena Reshuffle?
ilustrasi diolah dari foto KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO

Setelah dilantik pada 20 Oktober 2019, Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah berjalan selama 100 hari pada Selasa (28/1/2020). Apalagi, terhitung dari pertama dilantik hingga sekarang, sudah banyak hal-hal menarik yang bisa dibahas dan ulas. 

Terlebih, sebuah saran yang bisa kita tujukan untuk pemerintahan ke depan. Dari penunjukan Kabinet Kerja, misalnya, hadirnya kalangan profesional menjadi perhatian publik. 

Ada nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD sebagai Menko Polhukam dan pendiri Go-Jek Nadiem Makarim sebagai Mendikbud. Kemudian, dengan merapatkan pihak oposisi juga menjadi hal tak kalah menarik, bukan? 

Dari sekian banyak susunan dan rencana kerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf selama 100 hari pertama ini, kira-kira perubahan apa yang Kompasianer lihat selama ini? 

Dan adakah saran atau kritik komprehensif kepada pemerintah untuk ke depannya? Selain itu, menurut Kompasianer siapa yang masih perlu dipetahankan dan diganti sebagai "pembantu" presiden? 

Silakan tulis opini/reportase Kompasianer mengenai topik berikut dengan menambahkan label 100 Hari Jokowi Maruf (menggunakan spasi) pada setiap artikel.

VIDEO PILIHAN