Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Fitur Artikel Utama

Perihal Proses Sinkronisasi Statistik Versi Baru dan Lama

15 Juni 2017   14:36 Diperbarui: 28 November 2018   17:35 460 9 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perihal Proses Sinkronisasi Statistik Versi Baru dan Lama
Kompasiana

Proses sinkronisasi antara Kompasiana versi terbaru masih berjalan. Beberapa fitur yang sebelumnya ada di versi sebelumnya, masih tetap kami pertahankan ditambah dengan beberapa fitur yang belum pernah ada di versi sebelumnya. Kami bisa bilang, kita akan meninggalkan "perahu" yang lama, memindahkan barang-barang dan selanjutnya kita akan berlayar mengarungi samudera lautan maya dengan "perahu" Kompasiana yang baru. Jadi, pembahasan kali ini kita tidak akan membahas bagaimana "perahu" yang lama akan berjalan, tapi akan fokus bagaimana "perahu" baru ini berjalan jauh lebih optimal, dan melaju jauh berlipat-lipat lebih kencang.

INFO: Kompasiana Meluncur dengan Tenaga dan Tampilan Baru!

Proses penyesuaian juga masih berjalan hingga saat ini, tapi kami tetap mengharapkan Anda untuk mulai beralih ke versi baru untuk segala aktivitas Anda di Kompasiana. Karena semua perkembangan dan perbaikan akan difokuskan ke versi terbaru dan mulai mengabaikan versi lama. 

Beberapa keluhan juga masuk terkait statistik yang belum sinkron dan beberapa arsip yang belum kembali di versi terbaru. Melalui artikel ini, kami ingin memberikan informasi terkait jumlah statistik Kompasianer khususnya jumlah viewers yang masuk dalam catatan statistik Anda.

Kini, statistik sudah mulai berjalan normal. Mulai dari catatan jumlah artikel, headline, hingga pilihan sudah mulai sinkronisasi. Hanya jika Anda telah melakukan posting di versi baru, catatannya tidak akan masuk di versi lama. Karena semua catatan akan mulai dihitung hanya di versi baru saja. Lalu, yang menjadi perhatian utama adalah.

Mengapa jumlah keterbacaan mengalami perbedaan jumlah yang cukup signifikan?

Di versi terbaru kali ini, Kompasiana menggunakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google Analytic untuk melakukan penghitungan jumlah pembaca untuk seluruh artikel. Kami menggunakan layanan tersebut untuk menjaga keakuratan data yang masuk ke seluruh artikel, dan juga proses perhitungannya akan jauh lebih meringankan proses loading sebuah artikel, agar pembaca maupun pengguna lebih nyaman beraktivitas di Kompasiana.

Namun, ada konsekuensi yang cukup berpengaruh terkait jumlah keterbacaan yang sudah diraih di versi lama. Karena jumlah keterbacaan di versi lama akan TERKOREKSI secara otomatis oleh sistem Google Analytic yang kami pasang di versi Kompasiana terbaru, yang mengakibatkan seluruh jumlah keterbacaan Kompasianer akan mengalami penurunan. Tapi, kami tetap mengambil konsekuensi ini karena harapannya tidak akan ada lagi masalah yang muncul di versi terbaru, setelah kami pasang sistem ini. Jadi, mudah-mudahan ke depannya tidak akan ada lagi jumlah pembaca yang hilang tiba-tiba.

Proses sinkronisasi akan terus berjalan hingga akhir bulan Juni 2017. Kami tetap berharap ada masukan yang cukup baik untuk Kompasiana ke depannya, apabila masih terjadi masalah di akun Anda ataupun fitur-fitur yang ada di Kompasiana versi terbaru sila laporkan melalui FORM.

Mudah-mudahan Kompasianer bisa menerima dengan baik proses adaptasi ini. Terima kasih banyak atas kontribusinya untuk tetap beraktivitas di Kompasiana.

--

Kevinalegion
Content and Community Officer

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x