Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu... Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Hari Musik Nasional : Ribuan Kerinduan akan Panggung Gigs

10 Maret 2021   01:00 Diperbarui: 10 Maret 2021   01:06 80 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Musik Nasional : Ribuan Kerinduan akan Panggung Gigs
Ilustrasi konser(shutterstock)

KOMPAS.com - Hari Musik Nasional hari ini diperingati dengan cara yang beda. Beberapa pelaku industri musik menggelar acara Konferensi Musik Blok M. Dimana di dalamnya, mereka mengangkat tema Kebangkitan Musik Nasional Pasca Pandemi.

Sandy Sondoro, Endah n Ressa, juga Mocca, adalah beberapa musisi yang ikut andil hadir dalam acara tersebut.

Selain musisi, ada pula sejumlah perwakilan dari kepolisian, Kemenparekraf dan Satuan Tugas (Satgad) Covid-19. 

Seperti yang diberitakan Kompas.com, Selasa (9/3/2021), perwakilan dari pemerintahan ikut diundang lantaran dalam acara tersebut dibahas pula mengenai protokol kesehatan yang sudah diluncurkan Kemenparekraf, yang berkaitan dengan lajunya agenda musik nasional.

Industri musik memang salah satu lini yang terimbas parah akibat pandemi. Mutlak, dalam setahun ini, tak ada pertunjukan, festival musik, maupun launching album baru yang dilakukan dengan menggelar tur.

Beberapa waktu sebelum Hari Musik Nasional tiba, para promotor dan musisi sepakat mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo.

Isinya, mereka berharap presiden membuka ijin untuk industri musik berkreasi kembali demi kelangsungan hidup para pemain di industri musik.

Baca juga: Hari Musik Nasional: Alat Musik Tradisional Indonesia Terancam Punah

Sepi dari gigs

Seluruh lini industri musik terimbas pandemi. Panggung-panggung live music di ranah paling kecil dan sederhana seperti kafe pun, nampak lengang.

Musisi underground, yang mengusung gaharnya death metal, juga jauh dari hingar bingar tur. Padahal jauh sebelum pandemi, band underground ini tak henti-hentinya hilir mudik melakukan tur dari kota ke kota atau menggelar gigs, pertunjukkan musik langsung dalam lingkup kecil.

Siksa Kubur, band death metal yang eksis dari tahun 1996, selama pandemi juga sepi akan pemasukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN