Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu... Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Apakah Hiu Raksasa Megalodon Masih Hidup?

8 Maret 2021   20:01 Diperbarui: 8 Maret 2021   20:28 119 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Hiu Raksasa Megalodon Masih Hidup?
Ilustrasi Megalodon, hiu purba, hiu raksasa, hewan laut purba.

Ilustrasi Megalodon, hiu purba, hiu raksasa, hewan laut purba.KOMPAS.com - Megalodon adalah hiu raksasa yang menghuni lautan jutaan tahun lalu. Para ilmuwan telah memastikan bahwa predator laut tersebut sudah punah 2,6 juta tahun lalu.

Akan tetapi, melalui sejumlah karya fiksi seperti film The Meg yang dirilis pada 2018 lalu, Megalodon dikisahkan masih hidup di kedalaman lautan dan bisa menjadi ancaman manusia.

Kepopuleran film tersebut juga mendorong orang untuk bertanya-tanya, benarkah Megalodon sudah punah?

Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh warganet Twitter melalui akun base @subtanyarl pada Minggu (7/3/2021).

"Kalian percaya ga kalo Megalodon masih ada sampe skrng?" tulis seorang sender di base itu.

Unggahan tersebut kemudian menarik perhatian warganet. Hingga Senin (8/3/2021) pukul 12.30 WIB, twit tersebut telah mendapat lebih dari 1.000 retweet dan 9,9 ribu likes.

Warganet juga mengutarakan pendapat mereka pada kolom reply unggahan tersebut.

Apakah hiu raksasa Megalodon masih hidup?

Melansir BBC, 10 Agustus 2018, pakar hiu dan Megalodon dari Universitas Swansea, Wales, Catalina Pimiento, mengatakan, Megalodon dipastikan sudah punah dan tidak ada lagi di lautan.

Dia mengatakan, para ilmuwan telah memperkirakan Megalodon punah sekitar 2,6 juta tahun yang lalu, bersamaan dengan kemunculan hiu putih besar, yang kini menjadi predator lautan.

Dalam film The Meg, Megalodon dikisahkan berhasil bertahan hidup hingga era modern, dan tinggal di perairan laut dalam yang berada di dekat wilayah China.

Akan tetapi, Pimiento mengatakan, sebenarnya Megalodon kemungkinan besar tinggal di perairan dangkal di area pesisir pantai dengan kedalaman tidak lebih dari 200 meter.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN