Kompas.com
Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Sandiaga: Pohon-pohon di Sudirman Tidak Dibuang, Sebagian Dipindah ke Wisma Atlet

2 Juni 2018   17:21 Diperbarui: 2 Juni 2018   17:35 784 0 0
Sandiaga: Pohon-pohon di Sudirman Tidak Dibuang, Sebagian Dipindah ke Wisma Atlet
Pohon plastik menyerupai bambu di Jalan Medan Merdeka Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan bahwa pohon-pohon asli yang semula ada Jalan Sudirman tidak dibuang begitu saja setelah dicabut dari tempatnya.

Hal ini untuk menjawab kritikan Koalisi Pejalan Kaki yang menyesalkan bahwa pohon-pohon di tepi Jalan Sudirman-Thamrin asli ditebang lalu digantikan oleh pohon imitasi.

"Itu semua pohonnya dipindahkan ke tempat-tempat yang ditentukan oleh Dinas Kehutanan, sebagian akan direlokasi di Wisma Atlet di Kemayoran," ujar Sandiaga di Pasar Pondok Indah, Sabtu (2/6/2018).

Baca juga: Sandiaga: Harusnya Koalisi Pejalan Kaki Juga Kritik Pohon Plastik yang Muncul Tahun Lalu

Sebelumnya, Ketua Koalisi Pejalan Kaki Alfred Sitorus menjelaskan alasan pihaknya mempermasalahkan lampu hias berbentuk pohon di trotoar Sudirman-Thamrin. Mereka merasa miris karena pohon asli ditebang, tetapi pohon imitasi justru bermunculan.

"Kenapa kami angkat isu ini, sebenarnya ini perjalanan panjang ketika kami melakukan aksi peluk pohon di Sudirman. Pohon asli di Jalan Sudirman ditebangi dan kini yang muncul pohon imitasi," ujar Alfred.

Baca juga: Kisah Tukang Sampah Kembalikan Rp 20 Juta yang Ditemukannya di Jalan

Pohon-pohon di Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin dipindahkan sejak ada rencana revitalisasi trotoar. Alfred kecewa karena Pemprov DKI tidak pernah mengumumkan lokasi pohon-pohon itu dipindahkan.