Mohon tunggu...
Kompasianer Palembang
Kompasianer Palembang Mohon Tunggu... Kompasianer Palembang

Wadah, ruang silaturrahim, sharing and connecting Kompasianer Palembang menyuarakan Sumatera Selatan

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Yuhu, Sumsel Juara Umum Anugrah Pesona Indonesia Tahun Ini

24 November 2018   07:01 Diperbarui: 24 November 2018   09:49 0 8 5 Mohon Tunggu...
Yuhu, Sumsel Juara Umum Anugrah Pesona Indonesia Tahun Ini
Sumber: WAG Pengurus Pesona Sriwijaya

Alhamdulillah, rasa syukur itu terucap begitu saja ketika mimin mendapat kabar gembira di grup Whatsapp Pengurus Pesona Sriwijaya kemarin. Apa coba? Belum tau kan. Nah harus dibagi berita gembira ini. Tidak saja sebagai wujud rasa syukur, juga sebagai motivasi sekaligus sosialisasi kepada seluruh Kompasianer sejagad dunia, wew.

Yupz, beberapa hari yang lalu tepatnya Hari Kamis tanggal 22 November 2018, Provinsi Sumatera Selatan diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan memborong gelar dan piala pada Malam Puncak Anugrah Pesona Indoensia (API) di Hotel Grand Sahid Jakarta. Hadiah diberikan langsung oleh Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional Kemenpar. Hadiah dan gelar telah dilaporkan kepada Gubernur Sumatera Selatan.

Sumber: fornews.co
Sumber: fornews.co
Sumatera Selatan memborong 7 dari 18 kategori gelar yang dilombakan. Apa saja 7 kategori lomba yang dimenangkan Sumatera Selatan, ini dia
  1. Juara 1 Wisata Halal Terpopuler, diraih oleh Bait Al Qur'an Akbar Palembang
  2. Juara I Kampung Adat Terpopuler, diraih oleh Kampung Al Munawar, 13 Ulu Palembang
  3. Juara I Jwisata Kreatif Terpopuler, diraih Wisata Pelancu, Kabupaten Lahat.
  4. Juara II Wisata Dataran Tinggi Terpopuler diraih Objek Wisata Gunung Dempo, Pagar Alam.
  5. Juara II Wisata Unik Terpopuler diraih Wisata Khusus Taman Nasional Sembilang.
  6. Juara II Wisata OLahraga dan Petualangan Terpopuler diraih Mountain Bike Bukit Sulap di Kota Lubuklinggau
  7. Juara II Promosi Pariwista Digital Terpopuler diraih Pesona Srwijaya baik di Instagram dan Twitter.

Hal ini cukup membanggakan dan layak disyukuri. Paling tidak ini indikator bahwa Pengembangan Pariwisata di Sumatera Selatan mulai berhasil dan diakui  keberhasilannya. 

Sumber:WAG Pengurus Pesona Sriwiajaya
Sumber:WAG Pengurus Pesona Sriwiajaya
Sebagai Wong Plembang, Wong Sumsel yang cukup tau bagaimana sulitnya pengembangan Pariwisata disini, tidak saja mindset masyarakat yang sulit berubah, infrastruktur yang sulit menuju lokasi juga amenitas di lokasi wisata, berkat perjuangan dan kerja keras banyak pihak sudah mulai menunjukkan keberhasilan.

Dulu saya suka gamang saat ditanya kawan apa wisata di Sumsel yang bisa dipromosikan selain Pagar Alam, Danau Ranau di OKU Selatan. Sekarang hm, boleh ditanya lagi. Jika hal yang sama ditanyakan lagi, maka dengan bangga saya akan menyebutkan banyak sekali destinasi wisata baru di Sumatera Selatan. Ada yang termasuk wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah dll.

Semua itu tentu saja berkat kerja keras semua pihak, pemerintah, investor, dan tentu saja masyarakat. Dalam hal imi Wong Plembang/Sumel yang sudah banyak kemajuan. Mindset yang semakin maju. 

Pastilah pula tak lepas perjuangan Kadisbudpar Sumsel, Ibu Irene C Sinaga yang kreatif dan penuh semangat. 

Sumber:WAG Pengurus Pesona Sriwijaya
Sumber:WAG Pengurus Pesona Sriwijaya
Selain itu, saya kira para blogger/vlogger, Kompasianer dan banyak pihak baik secara perorangan maupun yang tergabung dalam banyak komunitas memberikan andil yang tidak sedikit bagi Pengembangan Pariwisata Sumsel.

Hal yang lain yang juga membanggakan he, saya sudah semua mengunjungi objek wisata Sumsel di atas, Ya iyalah kan saya Wong Plembang yang selain harus tau objek wisata di kampung sendiri, juga sering mempromosikan. 

Tapi, eit gak boleh bangga-bangga saja. Sumsel harus terus berbenah. Masih banyak hal yang harus dikembangkan dan dibenahi pada pembangunan pariwisata Sumatera Selatan. Semua unsur harus terlibat. Bahkan kita masyarakat umum. Harus siap senyum dan siap membantu siapa saja. Kalau galak dan gak ramah, siapa yang mau datang ke Sumsel, yekan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x