Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Konsultan - Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Cara Menyetubuhi Pembaca Melalui Tulisan

6 September 2021   05:34 Diperbarui: 6 September 2021   05:45 419 42 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Menyetubuhi Pembaca Melalui Tulisan
kompasiana-dsds-6134c03e06310e609d7b8402.jpg

Kisah keteledanan dari seorang nenek ini terjadi pada saat resesi ekonomi melanda Indonesia tahun 1988 lalu. Resesi ekonomi yang dipicu krisis ekonomi global menyebabkan krisis multidimensi, termasuk di kota Makassar.

Stop pres! Revisi;

Tahun 1988, resesi ekonomi melanda Indonesia. Krisis multidimensi menerpa seluruh lini. Tak terkecuali bagi seorang nenek. Ialah kisah inspirasi dari tulisan ini.

**

Ini bukan teknik menulis yang sesuai dengan kaidah SPOK. Daeng Khrisna mungkin misuh-misuh membacanya. Tapi, inilah gaya menulisku.

Revisi yang aku buat atas permintaan seorang kawan Kompasianer yang hendak mengikuti sebuah event lomba menulis. Entah mengapa ia meminta bantuanku. Mungkin karena senang membaca tulisanku.

Sejujurnya teknik ini saya adopsi dari gaya penulisan Dahlan Iskan. Saya tidak tahu namanya, pokoknya mengalir begitu saja.

Di Kompasiana juga ada, yakni Mba Muthiah Alhasany. Menurutnya gaya penulisan ini adalah gaya jurnalis. Singkat dan padat. Entahlah.

Gaya penulisan panjang seperti punya Daeng Khrisna memang indah. Mengikuti kaidah SPOK. Namun, saya menghindarinya karena "grammar" saya lemah. Saya belum menjadi pembaca yang rakus seperti dirinya.

Membuat tulisan yang singkat dan jelas adalah salah satu syaratnya. Tulisan yang terlalu panjang akan mudah membuyarkan konsentrasi pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan