Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Konsultan - Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengapa Si Unyil dan Upin-Ipin Tidak Punya Ayah Bunda?

21 Agustus 2021   12:09 Diperbarui: 21 Agustus 2021   12:14 1302 32 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengapa Si Unyil dan Upin-Ipin Tidak Punya Ayah Bunda?
Mengapa Si Unyil dan Upin-Ipin Tidak Memiliki Ayah Bunda? (steemit.com / awan965.wordpress.com)

Melihat kisah Upin dan Ipin, penulis kembali teringat dengan kisah si Unyil. Film serial televisi yang rajin tayang di hari Minggu siang sejak penulis masih ingusan.

Selain karena alur ceritanya yang menarik, banyak pesan moral yang terkandung di dalamnya. Tokoh-tokoh yang dibesut juga memiliki karakter rupa-rupa yang akrab dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak heran, jika papa mama tidak pernah melarang anak-anaknya menonton serial televisi ini.

Beberapa dasawarsa telah berlalu, kejayaan Unyil tidak betul-betul hilang. Masih ada pada daftar teratas lobus frontal para orang tua zaman kolonial.

Namun, anak kecil juga tidak kehilangan momentumnya. Adalah serial Upin-Ipin yang mempunyai ciri khas yang mirip. Sama-sama adalah cerita anak. Sama-sama sarat pesan moral, dan tokoh utamanya sama-sama tidak memiliki orangtua.

Lha, Kok bisa?

Setelah saya menelusuri dunia maya, tidak ada alasan jelas mengapa ayah dan ibu Unyil tidak terkenal. Dari berbagai sumber yang saya coba ulik, hanya Wikipedia yang menampilkan sekilas info tentang ayah dan ibu Unyil sebagai tokoh pemeran. Nama kedua orangtua bahkan tidak disebutkan.

Atau mungkin penulis salah? Yang jelas ayah ibu Unyil tidak menjadi salah satu tokoh utama yang berkarakter kuat.

Begitu pula dengan Upin-Ipin. Karakter orangtua dari keduanya juga tidak terekspos dengan baik. Tapi, bedanya jika Unyil masih memiliki orangtua, kedua bocah gundul ini sama sekali tidak ada.

Disebutkan jika mereka hanya tinggal bersama Kak Ros dan neneknya saja. Kemunculan ayah bunda mereka untuk yang pertama kali disebut dalam episode "ulang tahun Upin Ipin."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan