Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mengapa Pensiunan Jenderal Suka (Butuh) Berteman dengan Kuda?

23 Maret 2021   05:41 Diperbarui: 23 Maret 2021   07:00 280 22 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Pensiunan Jenderal Suka (Butuh) Berteman dengan Kuda?
Mengapa Pensiunan Jenderal Suka (Butuh) Berteman dengan Kuda? (sumber: liputan6.com)

Bukan rahasia lagi jika Prabowo suka memelihara kuda. Konon Menteri Pertahanan ini memiliki 50 ekor kuda. Bahkan ada seekor kuda yang bernama Principe yang merupakan kuda keturunan Portugal. Harganya tidak main-main. Tiga Milyar Rupiah!

Kuda memang akrab dengan militer. Di zaman dulu pada saat teknologi perang belum secanggih ini, kuda adalah kendaraan kaveleri. Mulai dari pasukan Genghis Khan hingga Diponegoro, tidak ada yang tidak menunggang kuda.

Di zaman sekarang, kuda tidak serta merta kehilangan fungsi militernya. Pasukan berkuda tetap ada. TNI AD saja tercatat memiliki 230 kuda perang yang terlatih. Mereka semua ditempatkan di Markas Datasemen Kavaleri Berkuda, Cisarua, Jawa Barat.

Datasemen Kavaleri Berkuda TNI AD (sumber: goodnewsfromindonesia.id)
Datasemen Kavaleri Berkuda TNI AD (sumber: goodnewsfromindonesia.id)
Meskipun fungsi kuda tidak sebagai kendaraan lagi. Memelihara kuda tetap ada. Kalau dulunya dianggap kendaraan sejuta umat, sekarang sudah menjadi hobi ratusan juta. Selain militer, peruntukannya hanya untuk segelintir manusia yang hobi di olahraga berkuda dan pencinta kuda sejati.

Seekor kuda lokal saja bisa bernilai 100 juta. Kuda impor tidak main-main. Konon yang termahal di dunia bernama Fusaichi Pegasus. Dijual tak lama setelah memenangkan kejuaraan Kentucky Derby. Harganya dibanderol sekitar 70 juta dollar Amerika atau setara dengan 934 miliar rupiah.

Sebagai orang awam, tentu kita hanya bisa mengelus dada. Prabowo dimaklumi, mantan Jenderal yang juga pengusaha ini punya duit tak berseri. Wajar jika hobi mahal ditekuninya. Lagipula sejarah militer memang erat dengan hewan yang satu ini. 

Fusaichi Pegasus, kuda termahal di dunia (sumber: coolmore.com)
Fusaichi Pegasus, kuda termahal di dunia (sumber: coolmore.com)
Bukan hanya sejarah. Tahukah kamu jika kuda memiliki fungsi non-perang dengan para anggota militer? Tepatnya, eks militer.

PTSD atau Post Traumatic Stress Disorder adalah gejala yang cukup banyak dialami oleh veteran tentara. Dr. Jeffrey Lieberman, seorang pakar psikologi dari Universitas Columbia, AS mengatakan bahwa;

"Sebanyak 30 persen veteran perang mengalami PTSD dan lebih dari 20 veteran yang bunuh diri setiap harinya akibat gejala ini."

Di Amerika Serikat, kasus bunuh diri para veteran menyumbang angka sebesar 18% dari total kasus bunuh diri.

Gejala PTSD dapat mencakup banyak hal. Mulai dari mimpi buruk hingga perilaku agresif. Semuanya akibat kilas balik pengalaman buruk atas kekerasan yang pernah dialami atau dilakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x