Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Kamu bintang besar! Apa yang akan menjadi keberuntungan Anda jika Anda tidak memiliki sesuatu yang membuat Anda bersinar? -Friedrich Nietzsche-

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Dilema PKS Usung Anies Baswedan

29 Agustus 2022   10:25 Diperbarui: 29 Agustus 2022   10:29 547 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengaku lelah diluar kekuasaan itu berarti PKS harus dapat optimal di pilpres 2024 dalam mengusung capresnya, mungkinkah PKS sendiri alami dilema ketika akan mengusung Anies Baswedan?

Tidak dipungkiri bahwa peranan partai politik dalam demokrasi. Apa lagi kita bicara konteks Indonesia, dimana siapapun yang akan mencalonkan sebagai calon presiden mekanismenya melalui partai politik sangat dominan.

Menjadi efek yang saling berpengaruh terutama pada suara partai politik itu sendiri, yang mana keterpilihanya juga ditentukan figure-figure yang akan di usung oleh partai itu termasuk calon presiden dapat mempengaruhi kekuasaan partai tersebut.

Kita berkaca pada pilpres 2019 lalu. Suara PDIP dapat meraih hasil tertinggi yakni sekitar 19,3% tentu ada pengaruh dari partai itu mengusung Joko Widodo dalam pilpres 2019.

Meski tidak dapat dikesampingkan pemilih akar rumput PDIP juga jumlahnya tidak sedikit. Akan tetapi efek jokowi, setidaknya memiliki pengaruh yang besar pada suara PDIP

Selain itu merangkaknya Gerindra pada posisi ke-3 perolehan suara pada 2019 dengan nilai 12,7% juga tidak lepas dari pengaruh Prabowo Subianto yang saat itu juga mencalonkan sebagai Presiden.

Seperti diketahui adanya dua calon saat itu di pilpres 2019, jika tidak mendukung Jokowi sudah pasti mereka akan lari kepada Prabowo Subianto. Itu sesuatu yang tidak akan ditampik jika mereka "pemilih" ingin berkontribusi suara pada pilpres.

Yang mana efek dari ekor jas sangat berpengaruh terhadap partai politik. Siapa yang akan mereka usung sebagai capres, menjadi representasi penting pada perolehan suara partai tersebut.

Untuk itu partai politik dalam mencapreskan figure atau tokoh yang elektabilitasnya tinggi. Pada kenyataannya sangat berpengaruh pada hasil yang akan diperoleh oleh partai politik pada kekuasaan politik.

Seperti diketahui kursi di DPR berpengaruh pada perolehan suara partai politik. Dan mungkin mentri itu dapat kemungkinan besar di raih jika partai politik punya koalisi mendukung capres terpilih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan