Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Kompasianer

Peminat Sosio-Humaniora dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Partai Ummat: Partai Untuk Sejuta Umat?

2 Oktober 2020   07:22 Diperbarui: 6 Oktober 2020   20:28 158 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Partai Ummat: Partai Untuk Sejuta Umat?
Ilustrasi: Kompas.com

Memang menjadi pertanyaan publik, kapankah partai Amien Rais akan di deklarasikan dan sah menjadi partai politik baru di Indonesia yang diakui oleh kemenkumham?

Tentu pertanyaan itu untuk menjawab rasa penasaran publik, dimana partai Amien Rais sudah otomatis menjadi partai oposisi pemerintah Jokowi.

Mengapa partai oposisi terus dinanti oleh sebagian masyarakat indonesia? Jelas untuk dapat membandingkan, menimbang, dan mampu kritis dengan berbagai kebijakan pemerintah Jokowi saat ini.

Sebab partai politik kini mayoritas merapat ke pemerintah Jokowi. Praktis membuat daya kritis partai politik terdegradasi diakibatkan oleh berbagai kepentingan partai politik dan sebagainya. Dimana seyogyanya partai pendukung itu harus seperti apa, pasti akan lunak.

Oleh sebab itu sebagian masyarakat menanti kehadiran partai oposisi sebagai pembanding arah kebijakan pemerintah Jokowi menyusul Fahri Hamzah yang sebelumnya kritis dengan pemerintah, kini justru bermanufer merapat ke pemerintah Jokowi.

Partai Gelora yang  Fahri Hamzah bangun dengan Anis Mata merapat ke pemerintah dengan mendukung anak dan mantu Jokowi di pilkada 2020. Sinyal kuat bahwa Partai Gelora merapat ke pemerintah Jokowi.

Maka dari itu partai politik baru yang siap menjadi oposisi saat ini sangat ditunggu kehadiranya untuk menyatukan kekuatan dengan PKS, yang kini meski berdiri sendiri konsisten sebagai partai oposisi di era pemerintahan Jokowi.

Meskipun Partai Demokrat juga oposisi, namun Partai Demokrat sendiri cenderung lentur dan deket dengan pemerintah Jokowi meskipun tidak secara terang-terangan bergabung.

Mungkinkah dengan Partai Ummat Amien Rais yang kemarin (01/10/20) diumumkan melalui akun youtube Amien Rais Official, akan menjadi tonggak dari sehatnya demokrasi yang ada di Indonesia saat ini di pemerintahan Jokowi?

Wacana Amien Rais saat akan membuat partai baru sudah dipastikan bahwa menjadi oposisi. Meski banyak yang pesimis dengan partai baru Amien Rais, termasuk anak Amien Rais sendiri Mumtaz Rais pada partai baru Amien Rais.

Tetapi dengan berhembusnya kabar Partai Ummat yang muncul pada 01 Oktober 2020, langsung disampaiakan oleh Amien Rais bertepatan dengan hari kesaktian pancasila, tentu membanggakan kita bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN