Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Liberal Javanese People

Bagi saya, hal yang paling mengecewakan sempitnya pengetahuan, "Intuisionisme". Tertarik dengan : Filsafat Romantisisme, Sosial-Budaya, Sastra dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Berkelana ke Pantai Menganti Kebumen, Jawa Tengah

8 April 2019   15:44 Diperbarui: 16 April 2019   04:03 0 1 0 Mohon Tunggu...
Berkelana ke Pantai Menganti Kebumen, Jawa Tengah
Pasir Putih Pantai Menganti, Kebumen, Jawa tengah/dokpri

"Saya kira Pantai ini tidak kalah bagus dengan berbagai Pantai di Bali, termasuk Pantai-Pantai di Pulau Nusa Penida. Namun jika dibandingkan tetap, Pantai Menganti masih jauh tertinggal dengan berbagai Pantai Nusa Penida. Satu kelebihan Pantai ini, mirip dengan Pantai-Pantai Nusa Penida, Bukit-Bukit, Pasir Putih dan suasana alam lain yang ditawarkan "

Dimeja makan salah satu warung Seafood di pinggiran Pantai Menganti, para pelayan mempersiapkan makanan untuk kami. Alunan lagu instrumental Gus Teja mengiringi makan kita, rasanya seperti di Bali. Ya, saya memang pernah tinggal di Bali satu tahun yang lalu. Seperti regresi dalam hidup, memandang Batu-Batu dan birunya air Pantai. Ini Bali ataukah di Jawa? Tentu Jawa rasa Bali!

Berangkat dari acara yang di inisiasi oleh kawan-kawan RTPO Telkomsel Jateng/Diy. RTPO (Radio Transport Power Operation) sendiri yaitu sebutan bagi divisi teknik PT Telkomsel. Adanya inisiasi ini dimulai dari hobi kebanyakan anak-anak RTPO Solo. Dari banyak kabar kopdar  yang beredar pada setiap RTPO Jateng/DIY tetapi yang hadir hanya ada empat RTPO yaitu RTPO Pekalongan, RTPO Banjarnegara, RTPO Yogyakarta dan RTPO Solo.

Saya sendiri anggota dari RTPO Pekalongan. Bersama dengan teman-teman saya di Pekalongan. Acara bertajug Touring menggunakan Sepeda Motor sebagai refresing dari suntuknya bekerja. Baru kali ini kami dari Pekalongan mengikutinya. Tentu acaranya begitu positif, dibalik ada suasana baru, mendapat teman baru-pun menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi kami.

Mungkin dengan berbagai keseruan acaranya, menjadi pemantik untuk lebih berani touring lagi yang lebih jauh. Rencanya teman RTPO Solo menginisiasi untuk Tour ke kawah Ijen Malang. Menjadi dilema, jarak yang jauh antara malang-pekalongan agak membuat ragu dapat mengikutinya lagi.

dokpri, Foto bareng
dokpri, Foto bareng
"Tetapi, perkara yang belum terlaksana, biarlah menjadi imajinasi indah bagi orang-orang yang mencintai touring. Bagi kami hidup adalah petualangan"

Acara yang digelar tanggal 06-07 April 2019 di Pantai Menganti ini meninggalkan banyak kesan. Saya sendiri menuju Pantai Menganti dengan Mobil Alpart KW atau Granmax. Sedangakan teman-teman menggunakan Motor. Saya berangkat dengan Pak Powo, Pak Bowo merupakan orang paling senior dalam krumunan kami, tetapi yang paling mempunyai jiwa muda. Kami sebut intinya-inti dari ahlinya-ahli core of the core. Tentu sebutan itu karena orang ini sangat multi talenta. Ia adalah sulusi pertama dari berbagai kerusakan barang elektronik teman-teman.

Dokpri/Pak Bowo, Baju putih paling Muda diantara Kami
Dokpri/Pak Bowo, Baju putih paling Muda diantara Kami
Mengapa saya tidak membawa Motor? Terus terang saya adalah anak perantau dari Cilacap. Sungkan ketika membawa Motor ke Pekalongan, jaraknya lumayan jauh, wajar aslinya bukan Anak Motor. Rencananya jika Pak Bowo tidak ikut, saya akan pulang ke Cilacap terlebih dahulu lalu menyusul teman ke Pantai Menganti. Ternyata Pak Bowo juga mau ikut, ya sudah saya membawa Mobil dengan Pak Bowo.

Perjalanan dari Pekalongan menuju Pantai Menganti kurang lebih memakan waktu sekitar 4,5 jam. Kami berangkat melaui jalur Pemalang, Purbalingga, Banyumas lalu Cilacap samapi lah Pantai Menganti. Tidak ada kisah perjalanan yang menarik maka dari itu, jika ditulis akan biasa-biasa saja. Paling sepulang dari menganti saya mengajak Pak Nowo main ke rumah saya di Cilacap yang kebetulan dekat dengan Pantai Menganti. Disana Pak Bowo bertemu kawan lamanya di Penggalang, Adipala, Cilacap. Ia adalah kawan seperjuangan menjadi Driver PT Telkomsel. Kami banyak berdiskusi, dari manapun, masa lalu, maupun masa depan. Suguhannya sendiri, bakwan dan teh manis, sedapnyo!

Bagaimana dan seperti apa gambaran treveling ke Pantai menganti di Kebumen versi saya? Memang saya menilai masih banyak yang perlu dibenahi. Tetapi secara keseluruhan dapat membahagiakan dan berkesan juga. "Pantai menganti seperti percikan  Pantai Bali di Jawa Tengah bagian barat  selatan"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x