Mohon tunggu...
KOMiK Community
KOMiK Community Mohon Tunggu... Komunitas Pecinta Film

KOMiK (Kompasianers Only Movie enthus(i)ast Klub) | Komunitas Kompasianer Pecinta Film. Hobi Nonton, Nulis. Relax, Enjoy the Movie, and Write!\r\n\r\nJoin Us: Grup KOMiK

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Keseruan Wisata Virtual Tapak Tilas Film Nasional

8 Agustus 2020   17:00 Diperbarui: 8 Agustus 2020   16:55 23 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keseruan Wisata Virtual Tapak Tilas Film Nasional
Wisata virtual tapak tilas film nasional (dok. Fara/Komik)

Sabtu siang, 8 Agustus, sekitar 60-an peserta sudah memenuhi ruang pertemuan virtual. Waktunya peringatan ulang tahun KOMiK. KOMiK bekerja sama dengan Wisata Kreatif Jakarta dan Kinokuniya Indonesia siang ini mengadakan "Wisata Virtual Tapak Tilas Film Nasional".

Acara dibuka oleh moderator, Noval Kurniadi, dari KOMiK. Kemudian dilanjutkan perwakilan dari Kinokuniya Indonesia dan dilanjutkan dengan acara utama yaitu wisata virtual yang dipandu oleh Irawati dari Wisata Kreatif Jakarta.

Selama satu jam berikutnya, Komiker dan peserta diajak menjelajahi berbagai tempat bersejarah, dimulai dari Museum Sumpah Pemuda. Di sinilah dilakukan pertemuan bersejarah tahun 1928 sekaligus memperdengarkan lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh Wage Rudolf Supratman.

Di museum ini terdapat ruangan dengan koleksi yang seolah-olah menunjukkan adegan saat Wage bermain biola. Adegan ini mirip dengan yang ada dalam film "Wage" yang dibesut oleh John de Rantau.

Perjalanan berlanjut ke Gedung Pancasila, tempat yang dulunya menjadi kantor BPUPKI. Di sini Soekarno pernah menyampaikan pidatonya yang bisa juga disimak lewat film "Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita" yang dibintangi aktor senior Tio Pakusadewo. Gedung Pancasila saat ini menjadi bagian dari Kementerian Luar Negeri, salah satunya menjadi kawah candradimuka calon diplomat.

Rute ketiga adalah Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Di sini Soekarno dan para tokoh bangsa merumuskan naskah proklamasi. Ada beberapa adegan di sini yang muncul dalam film "Soekarno:Indonesia Merdeka" yang diperankan oleh Ario Bayu.

Dan titik terakhir adalah Tugu Proklamasi yang dulunya merupakan kediaman Soekarno. Di sinilah sang proklamator membacakan teks proklamasi kemerdekaan. Adegan saat membacakan teks juga tertuang dalam film "Soekarno".

Sepanjang rute juga terdapat lokasi beberapa film nasional. Seperti toko buku bekas Kwitang yang muncul di "Ada Apa dengan Cinta". Juga ada rumah besar di Cikini yang menjadi lokasi syuting "Warkop DKI" dan "Catatan si Boy". Di Cikini juga ada gereja yang menjadi lokasi syuting "Ayat-ayat Cinta".

Acara lalu ditutup dengan kuis dan pertanyaan. Kuis dimenangkan oleh Estu Shandy, Lia, dan Livia. Sedangkan penanya terpilih adalah Taufik Hidayat.

Masih ada kuis medsos hingga pukul 20.00. Lalu juga lomba blog yang ditunggu hingga tanggal 16 Agustus dengan syarat min 300 kata dan hastag #wisatavirtual dan #hutkomik. Ada hadiah voucher dari Kinokuniya.

Terima kasih atas partisipasinya. Jangan lupa turut di acara KOMiK berikutnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x