Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud & Agama

Pengamalan Pancasila Sila 1 di Sekolah

11 Juni 2021   19:05 Diperbarui: 11 Juni 2021   19:29 1375 1

Sila pertama memiliki bunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa"  isi sila pertama dalam Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Sila ke-1 Pancasila ini mengandung butir-butir beserta nilai-nilai dan makna yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan sekolah atau kelas.
 
Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 29 Ayat 1 dan 2 menyatakan bahwa (1) Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa; serta (2) Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaannya itu.
 
Pemerintah atau negara tidak mengatur dan mencampuri urusan ibadah dari agama-agama dan kepercayaan, melainkan negara menjamin agar pemeluk agama dan peribadatan berjalan dengan baik.
 
Dengan demikian, UUD 1945 dan Sila ke-1 Pancasila yaitu "Ketuhanan Yang Maha Esa" memberikan ruang yang amat besar bagi terwujudnya kerukunan hidup antarumat beragama yang bernaung di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Butir-Butir Pengamalan Pancasila Sila ke-1

Sila ke-1 yang berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa" disimbolkan dengan lambang bintang dan ditempatkan di tengah-tengah perisai yang tersemat di dada burung Garuda Pancasila mengandung 7 butir pengamalan, yaitu sebagai berikut:

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan