Mohon tunggu...
KOMENTAR
Inovasi

Memaknai Pendidikan Sesungguhnya Bersama Prof Rhenald Kasali Ph.D Melalui IndonesiaX, Platform Edukasi Online Gratis Tanpa Bayar Cukup Daftar!

24 Desember 2015   13:12 Diperbarui: 25 Desember 2015   13:04 625 2
Ilmu pendidikan terdiri atas dua ranah (domain) yaitu ilmu pendidikan teoretis dan ilmu pendidikan praktis. Objek studi ilmu pendidikan adalah berbagai aspek interaksi psikologi, sosial dan budaya antara peserta didik dan pendidik. Peserta didik merupakan subjek dengan karakteristik pribadi, kebutuhan, aspirasi dan nilai-nilai yang dianut. Pendidikan adalah upaya pemberdayaan manusia yang selalu berada dalam gerak proses/tranformasi dan transisi yang tak kunjung selesai, sehingga manusia disebut sebagai animal educandum (makhluk yang mendidik) dan animal educandus (makhluk yang dididik). Pendidikan berperan sangat penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Membangun pendidikan yang berkualitas merupakan hal yang sangat penting untuk melahirkan SDM bermutu, yang menguasai IPTEK, terampil dan berdaya saing. Pendidikan merupakan akar dan fondasi dari setiap pemikiran bangsa. Untuk itu kebijakan pembangunan pendidikan diarahkan untuk Mempercepat peningkatan taraf pendidikan seluruh masyarakat; Melanjutkan upaya untuk memenuhi hak seluruh penduduk dalam mendapatkan layanan pendidikan dasar yang berkualitas; Meningkatkan akses, kualitas, relevansi dan daya saing pendidikan; Menurunkan kesenjangan partisipasi pendidikan antar kelompok sosial ekonomi, antar wilayah dan antar jenis kelamin serta berpihak pada seluruh anak; Meningkatkan kualitas pembelajaran yang disertai dengan peningkatan pendidikan karakter; dan Meningkatkan profesionalisme serta sebarannya yang merata.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun