Mohon tunggu...
KOMENTAR
Hobi

Ternak Teri

18 April 2021   04:55 Diperbarui: 18 April 2021   05:19 47 4

Saya ternak teri sekarang.

Tak terasa sudah puasa hari kelima di bulan Ramadhan. Dua hari ini saya disibukkan dengan ternak teri. Antar anak, antar istri. Kebetulan saya libur tidak mengajar online seperti biasa. Jadi bisa mendampingi mereka. Saatnya jadi ayah siaga. Siap antar jaga.

Kemarin hari Jumat, 16 April 2021 pukul 09.00 wib, saya antar anak kedua ke kampus UNJ Rawamangun.  Berlian harus ikut swab antigen sebagai salah satu syarat mengikuti kegiatan UTBK. Ujian Tulis Berbasis Komputer ini akan dilaksanakan di beberapa tempat. Anak saya Berlian mendapatkan tempat tes di SMAN 31 Jakarta Timur.

Setelah dinyatakan negatif covid-19, saya antar Berlian melihat lokasi tes. Sempat salah jalan karena ternyata jalannya satu arah. Untunglah banyak orang baik yang membantu saya. Ditunjukilah saya jalan lain lewat kompleks perumahan di sekitar Kayu Manis. Alhamdulillah ketemu dan dipandu dengan google map.

Sampai sekolahnya, saya kebingungan mencari tempat parkir. Untunglah di depan puskesmas ada sedikit tempat mobil untuk parkir sejenak. Saya pinggirkan mobil di dekat mobil ambulance. Sementara anak dan istri langsung turun mencari lokasi tempat tes UTBK besok.

Alhamdulillah, di SMAN 31 Jakarta ada petugas yang siap memberikan informasi. Mereka meminta anak saya untuk hadir di tempat tes sebelum pukul 06.30 wib hari Sabtu, 17 April 2021. Sambil ikutan acara puslitjak kemdikbud melalui aplikasi zoom, saya antar anak dan istri kembali ke rumah. Alhamdulillah, sinyal internet lancar, jadi bisa ternak teri dan ikutan acara diskusi dan presentasi di kemdikbud. Topiknya tentang kesantunan di media digital bagi siswa dan mahasiswa Indonesia.

Sampai rumah, diskusi terus berlanjut sampai menjelang sholat jumat. Alhamdulillah dua kegiatan ini dapat berjalan lancar. Setelah itu bisa langsung sholat Jumat di Masjid Al Hidayah Kompleks TNI AL Jatibening Indah, Pondok Gede Bekasi.

Usai sholat jumat masih bisa mengikut kegiatan belajar menulis di PGRI melalui aplikasi WA Group. Pembicara yang dijadwalkan berhalangan hadir. PAK THAMRIN DAHLAN ADA JADWAL MENGAJAR KULIAH KEWIRAUSAHAAN DI KAMPUSNYA.

Alhamdulillah ada bu AAM Nurhasanah yang siap menggantikan. Bu Kanjeng juga siap menjadi Moderatornya. Sementara Mr. Bams, pagi-pagi sudah membuat flyernya. Luar biasa Mr. Bams, di sela-sela kesibukannya menjadi ketua RW dan Koordinator vaksin di Bandung, masih sempat membantu persiapan kegiatan belajar menulis.

Tak terasa sudah masuk waktu ashar. Saya langsung ke masjid Al Ikhlas untuk sholat berjamaah di sana dan kemudian mampir ke ATM untuk bayar tagihan telpon telkom di rumah dan tagihan indosat. Saya masih berlangganan telpon di rumah, tapi tidak pakai speedy internet. Saya hanya pakai telponnya saja. Adanya telpon di rumah sangat membantu saya bila ponsel mati atau hilang.

Saat HP dijambret orang, dengan mudah saya langsung memblokir nomor indosat pakai telpon rumah. Juga memblokir nomor rekening saya lewat mobile banking. Sekarang kalau mau transfer, saya terpaksa pergi ke ATM dulu yang cukup jauh dari rumah. Mungkin hari Senen bisa saya aktifkan kembali mobile bankingnya.

Setelah sholat ashar saya langsung ke kebun sampai waktu adzan maghrib. Alhamdulillah tanaman cabe sudah mulai terlihat daunnya dan banyak pohon tumbuh subur. Terutama kangkung dan bayam. Inilah enaknya berkebun.

Malam hari langsung buka puasa dan kemudian sholat taraweh bersama istri tercinta. Saya terserang flu, jadi langsung tidur. Mungkin karena pengaruh obat flu. Saya langsung tertidur lelap. Dunia mimpi langsung saya datangi.

Pagi hari bangun sahur, anak saya Berlian sudah siap dan minta diantarkan ke tempat ujian. Setelah sholat subuh, kami berangkat. Pagi ini saya lewat jalan lainnya. Sengaja mengikuti google map untuk keluar dari tol di Cawang. Lalu lurus di jalan DI Panjaitan BY PASS. Ternyata jalannya lebih lancar, sehingal pukul 05.30 wib kami sudah sampai lokasi ujian di SMAN 31 Jakarta.

Istri saya langsung mengantarkan anak saya Berlian ke tempat tes, dan saya parkir mobil di depan sekolah. Alhamdulillah masih sepi, sehingga mudah mendapatkan tempat parkir. Saya tunggu istri sebentar sambil baca-baca WA Group di ponsel baru saya.

Pukul 06.00 wib kami sudah siap kembali ke rumah di Bekasi. Alhamdulillah jalanan lancar sekali. Saya langsung masuk tol di Cawang dan sampai rumah sekitar pukul 06.30 wib. Jalan Jakarta sepi sekali pagi ini.

Saya masih terserang Flu kembali. Istri menyarankan untuk tidur saja dulu. Saya tertidur sebentar di kursi. Kemudian membaca tugas anak-anak LABSCHOOL di blog mereka. Tak terasa sudah sampai waktu dhuhur. Pak Fajar sudah siap dengan flyer kegiatan webinar hari ini. Bu kanjeng juga sudah siap menajdi narasumbernya. Kali ini bu AAM yang menjadi moderatornya. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar sesuai harapan.

Istri mengajak ke ATM untuk transfer ke REKENING kakak ipar. Hari ini jadwal bayar tukang di Bandung. Saya antar istri pakai sepeda motor dan pergi ke atm sambil mengikuti acara webinar pakai HP. Usai dari ATM, istri minta diantar belanja untuk berbuka puasa dan sahur. Saya ikuti saja kemana perintah istri tercinta. Sambil mendengar acara webinar di zoom. Kegiatannya makin sore semakin seru tanya jawabnya.

Sampai rumah saya lanjutkan menonton webinar APKS PGRI pakai laptop. Hujan deras turun, jadi gak sempat ke kebun. Saya langsung sholat ashar di rumah. Setelah itu langsung membuat postingan di website gurupenggerakindonesia.com sampai waktu berbuka puasa. Sempat panik juga ketika websitenya banyak spam. Saya langsung telpon Kang mas Narno tim admin kami. Alhamdulillah website bisa kembali normal. Terima aksih Kang Mas Narno yang baik hatinya.

Begitulah kegiatan saya hari kelima puasa. Semoga bisa lebih baik untuk hari esok. Waduh tadi pagi belum sempat membaca Al-Quran. Baru malam ini sempatnya. Sholat taraweh dilakukan seperti biasa. Hujan alhamdulillah berhenti dan kami menikmati malam ini dengan semangat malam lailatur qadar. Mari kita perbanyak Istighfar. Minta ampun dari segala dosa kepada Allah. Semoga kita dapat merasakan bertemu Allah di bulan Ramadhan yang mulia ini.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indoensia

Blog http://wijayalabs.com

KEMBALI KE ARTIKEL