Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Ternak Teri

18 April 2021   04:55 Diperbarui: 18 April 2021   05:19 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Saya ternak teri sekarang.

Tak terasa sudah puasa hari kelima di bulan Ramadhan. Dua hari ini saya disibukkan dengan ternak teri. Antar anak, antar istri. Kebetulan saya libur tidak mengajar online seperti biasa. Jadi bisa mendampingi mereka. Saatnya jadi ayah siaga. Siap antar jaga.

Kemarin hari Jumat, 16 April 2021 pukul 09.00 wib, saya antar anak kedua ke kampus UNJ Rawamangun.  Berlian harus ikut swab antigen sebagai salah satu syarat mengikuti kegiatan UTBK. Ujian Tulis Berbasis Komputer ini akan dilaksanakan di beberapa tempat. Anak saya Berlian mendapatkan tempat tes di SMAN 31 Jakarta Timur.

Setelah dinyatakan negatif covid-19, saya antar Berlian melihat lokasi tes. Sempat salah jalan karena ternyata jalannya satu arah. Untunglah banyak orang baik yang membantu saya. Ditunjukilah saya jalan lain lewat kompleks perumahan di sekitar Kayu Manis. Alhamdulillah ketemu dan dipandu dengan google map.

Sampai sekolahnya, saya kebingungan mencari tempat parkir. Untunglah di depan puskesmas ada sedikit tempat mobil untuk parkir sejenak. Saya pinggirkan mobil di dekat mobil ambulance. Sementara anak dan istri langsung turun mencari lokasi tempat tes UTBK besok.

Alhamdulillah, di SMAN 31 Jakarta ada petugas yang siap memberikan informasi. Mereka meminta anak saya untuk hadir di tempat tes sebelum pukul 06.30 wib hari Sabtu, 17 April 2021. Sambil ikutan acara puslitjak kemdikbud melalui aplikasi zoom, saya antar anak dan istri kembali ke rumah. Alhamdulillah, sinyal internet lancar, jadi bisa ternak teri dan ikutan acara diskusi dan presentasi di kemdikbud. Topiknya tentang kesantunan di media digital bagi siswa dan mahasiswa Indonesia.

Sampai rumah, diskusi terus berlanjut sampai menjelang sholat jumat. Alhamdulillah dua kegiatan ini dapat berjalan lancar. Setelah itu bisa langsung sholat Jumat di Masjid Al Hidayah Kompleks TNI AL Jatibening Indah, Pondok Gede Bekasi.

Usai sholat jumat masih bisa mengikut kegiatan belajar menulis di PGRI melalui aplikasi WA Group. Pembicara yang dijadwalkan berhalangan hadir. PAK THAMRIN DAHLAN ADA JADWAL MENGAJAR KULIAH KEWIRAUSAHAAN DI KAMPUSNYA.

Alhamdulillah ada bu AAM Nurhasanah yang siap menggantikan. Bu Kanjeng juga siap menjadi Moderatornya. Sementara Mr. Bams, pagi-pagi sudah membuat flyernya. Luar biasa Mr. Bams, di sela-sela kesibukannya menjadi ketua RW dan Koordinator vaksin di Bandung, masih sempat membantu persiapan kegiatan belajar menulis.

Tak terasa sudah masuk waktu ashar. Saya langsung ke masjid Al Ikhlas untuk sholat berjamaah di sana dan kemudian mampir ke ATM untuk bayar tagihan telpon telkom di rumah dan tagihan indosat. Saya masih berlangganan telpon di rumah, tapi tidak pakai speedy internet. Saya hanya pakai telponnya saja. Adanya telpon di rumah sangat membantu saya bila ponsel mati atau hilang.

Saat HP dijambret orang, dengan mudah saya langsung memblokir nomor indosat pakai telpon rumah. Juga memblokir nomor rekening saya lewat mobile banking. Sekarang kalau mau transfer, saya terpaksa pergi ke ATM dulu yang cukup jauh dari rumah. Mungkin hari Senen bisa saya aktifkan kembali mobile bankingnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun