Mohon tunggu...
KOMENTAR
Healthy

Perbedaan Manusia dengan Hewan : Sebuah Tinjauan Biopsikologi

18 Maret 2013   22:57 Diperbarui: 4 April 2017   18:12 24029 0
Manusia dan hewan pada dasarnya sama. Keduanya memiliki kesamaan. Pertama, dalam biologi, manusia adalah hewan, memiliki sel, jaringan, organ, sistem organ! Dalam psikologi, manusia memilki jiwa dan karakter! Tapi jangan salah hewan pun memiliki hal ini. Coba kita perhatikan baik-baik pagi penyayang dan pemilik binatang. Jika kita memiliki anjing atau kucing, atau binatang peliharaan yang sejenis dalam jumlah lebih dari 3 atau jamak, maka perhatikanlah dengan seksama! Tiap individu dari spesies atau jenis itu memiliki karakter dan jiwa massing-masing yang berbeda! Pengalaman saya memelihara kucing, walaupun tidak semahir ibu saya, kucing pun memiliki karakter yang berbeda. Ada yang kucing pemalu, ada kucing preman, dan ada kucing pencuri. Karakter itu terlihat dari mereka sejak kecil dan menetap hingga dewasa. Manusia pun demikian!

Kedua, manusia dan hewan dapat berubah perilakunya dengan pelatihan. Otak mereka sama-sama berfungsi untuk berpikir, sehingga dengan pelatihan, ada informasi yang disimpan di kepala atau otak, diproses sehingga terbentuk perilaku. Jika proses ini terjadi berulang-ulang, maka perilaku ini pun akan menetap. Jika manusia, sudah tidak dapat dibantah laagi, salah satu bentuk pelatihan adalah di sekolah. Siswa yang tadinya tidak tahu, tidak mampu, diberi pelatihan, akhirnya menjadi tahu, dan mampu atau memiliki keterampilan. Jika binatang bagaimana? Lihat saja bagaimana para aktor binatang di sirkus atau kebun binatang! Itulah hakekat, bahwa binatang pun dapat dilatih seperti manusia.

Menurut Arnaldi (2011 hal. 170), manusia memiliki 8 level atau tingkatan proses kognitif, yaitu:


  1. Concentration: target increase self monitoring by maintain concentration with control emotional and cognitive process, as motorist coordination, motivation, attitude, focus attention, maintain concentrate, technical reading, speed reading.
  2. Memory : capability to maintain vocabulary in memory as recognize and recalling
  3. Comprehension : communication and interaction as interpretation, explaining, exemplifying.
  4. Control behaviour : increasing self awareness and self regulation to control emotional and behavior by executing and implementation.
  5. Analyze: ability to increase capability basic cognitive by differentiate, description detail and organizing.
  6. Synthesis : ability to increase capability basic cognitive by syllogism, hypothesis and summary.
  7. Evaluate : ability to give value in problem solving by check and critical.
  8. Creativity thinking : flexibility thinking to overcome problem and adaptation in real situation such as alternative, generating and producing.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun