Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Peran Iklan dalam Membentuk Gaya Hidup Konsumtif di Masa Pandemi Covid-19

14 Juni 2023   17:29 Diperbarui: 15 Juni 2023   23:28 221 0
Hampir tiga tahun terakhir, Pandemi Covid-19 melanda belahan dunia termasuk Indonesia. Keberadaan pandemi telah banyak merubah tatanan kehidupan social serta perilaku di masyarakat sendiri, termasuk perilaku konsumsi yang semakin meningkat. Adanya kebijakan social distancing juga membuat masyarakat akhirnya lebih memilih untuk berbelanja di situs layanan e-commerce hingga akhirnya daya beli masyarakat di masa pandemi justru mengalami peningkatan secara signifikan sejak kuartal kedua tahun 2020 terutama yang terjadi melalui berbagai situs layanan e-commerce (Permana et al., 2021). Oleh karena itu kecenderungan untuk mengonsumsi barang dan layanan secara di masa pandemi menjadi sorotan yang perlu diperhatikan secara serius.  Artikel ini mengarahkan pembaca untuk menganalisis gaya hidup konsumtif yang muncul selama masa pandemi COVID-19 dengan menggunakan pendekatan kritis dari perspektif Raymond Williams. Raymond Williams merupakan seorang teoretikus budaya dan sosial Inggris, memiliki pandangan yang kritis terhadap gaya hidup konsumtif. Menurut Williams, gaya hidup konsumtif mencerminkan dominasi kapitalisme dalam masyarakat modern. Artikel ini  akan menjelaskan dalam bagaimana peran iklan dalam membentuk gaya hidup konsumtif di sasa pandemi kacamata Raymond Williams.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun