Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

Pandangan Budayawan Terhadap Ideologi Komunis

14 April 2016   15:19 Diperbarui: 14 April 2016   15:33 534 0

Bangsa Indonesia di era reformasi masih dibayangi ancaman ideologi komunis, tentunya hal ini bukan sekedar isu dan omong kosong. Bisa dibuktikan dari berbagai bidang mulai dari politik, budaya, hankam, dll. Ideologi komunis bertransformasi sangat jauh berbeda dengan jaman dahulu, sekarang mereka menggunakan pola yang soft dan cover yang baru. Banyak tokoh menyebut Komunis Gaya Baru. Salah satu budayawan sekaligus penyair, Taufik Ismail, turut memberi perhatian dan mengamati perkembangan ideologi komunis. Beberapa pernyataan dari Sang Penyair terkait Ideologi Komunis, diantaranya:

  1. Selama 74 tahun ideologi ini telah menjagal dan membunuh 120 juta manusia di 76 negara, sehingga setiap hari mereka membunuh sebanyak 4.500 orang selama 74 tahun.

  2. Ideologi seperti ini harus disampaikan kepada rakyat. Ideologi ini haus akan darah. Kebiasaan mereka adalah berdusta, memutarbalikkan fakta, menipu, menyebarkan desas desus, membunuh, membantai.
     
  3. Dengan bersembunyi di balik semboyan demokrasi, paham komunis masih rawan mengancam bangsa Indonesia. Ada upaya sejumlah pihak untuk mengganti Pancasila dengan ideologi komunis.
     
  4. Ideologi komunis hingga kini masih ada dan berkembang di Indonesia. Bahkan, sampai saat ini ada beberapa tokoh yang masih gigih menghidupkan kembali paham tersebut.
     

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan