Mohon tunggu...
KOMENTAR
Bisnis

Motivator Cirebon

19 Mei 2020   08:00 Diperbarui: 19 Mei 2020   07:56 59 0

Profesi Life & Business Coach di Indonesia

Profesi business & Life coach atau pelatih bisnis dan hidup tergolong profesi yang cukup baru berkembang, baru di tahun 1990-an profesi ini mulai dikenal masyarakat Indonesia.

Coach dalam bahasa Indonesia artinya adalah seorang pelatih yang melatih team sepak bola ataupun tim olah raga.
Adapun arti lainnya adalah:

1. Kereta kuda
2. Bis umum
3. Kereta api.

Coaching adalah proses provokasi dan kreatif yang menginspirasi client untuk memaksimalkan potensi client baik secara personal ataupun profesional. Perngertian di atas diambil dari International Coach Federation. Apa perbedaan antara coaching dan teaching atau mengajar konvensional. Mengajar adalah proses mendidik dengan transfer ilmu baik dengan cara lisan ataupun tulisan.

Sedangkan proses coaching lebih banyak bertanya, memberdayakan coachee atau orang yang sedang dilatih. Digali potensi terbaiknya sehingga coachee dapat melakukan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai potensi terbaiknya.

Menurut Ericsson Coaching Dalam profesi coaching ada 2( dua ) bagian besar yaitu business coach dan life coach. Dan setiap bidangnya masing-masing memiliki cabang dan penjelasannya masing-masing:

Dalam life coaching ada cabang coaching sebagai berikut: Coaching tentang hubungan (relationship coaching), coaching seputar keluarga (family coaching), coaching tentang pasangan hidup (couples coaching), coaching tentang menjadi orang tua yang baik (parenting coaching), coaching seputar perceraian rumah tangga (divorce coaching), coaching mengenai status lajang (single coaching), coaching seputar motivasi (motivational coaching), coaching seputar kesehatan dan aktivitas untuk menuju hidup yang seimbang (health & wellness coaching), coaching untuk mencapai sukses (success coaching), personal coaching untuk perkembangan (development coaching) , coaching tentang keutuhan dan keseimbangan hidup (holistic coaching), coaching mengenai kebugaran dan kesehatan (health coaching), coaching seputar hal yang spiritual (spiritual coaching) , coaching seputar karir dan pekerjaan (career coaching) & coaching mengenai perbaikan (recovery coaching).

Sedangkan cabang dari business coaching adalah sebagai berikut: Coaching mengenai kepemimpinan (Leadership coaching), Coaching untuk meningkatkan penjualan (Sales coaching), coaching seputar manajemen (Business Management), coaching seputar dunia wirausaha(Entrepreneur coaching), coaching untuk para eksekutif (Executive coaching), coaching untuk bagian pemasaran (Marketing coaching).

Coaching memiliki alat bantu berupa pertanyaan yang biasanya kita kenal 6W+1H yaitu (why, what, what if, when, where, who, how ) dengan berbagai macam metode bertanya. Yang sampai sekarang terus berkembang. Kami para coachespun selalu mengembangkan diri terus untuk belajar dan mempraktekan ilmu yang kami miliki. Apabila ingin tahu rasanya seperti apa di coaching untuk Anda menjadi pribadi yang lebih baik atau bisnis Anda berlipat-ganda secara gratis, Anda bisa mengunjungi website kami di www.starcoachindonesia .com atau hotline 0823-2019-0001 semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

KEMBALI KE ARTIKEL