Mohon tunggu...
KOMENTAR
Keamanan Pilihan

Gempuran Covid-19 terhadap Pertahanan Negara

26 Maret 2020   09:00 Diperbarui: 27 Maret 2020   14:59 13772 0

Indonesia sebagai negara tropis yang besar dan berbentuk kepulauan memiliki keberagaman hayati dan etnis selain sebagai negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia menjadikan Indonesia negara yang tidak bisa dipandang sebelah mata, dilihat dari sisi besar dan kuatnya potensi yang dapat terus dikembangkan dalam mendukung kekokohan dan stabilitas ipoleksosbudhankam

Tidak diduga dan diprediksi memasuki Tahun 2020 Indonesia menjadi sasaran penyebaran virus corona atau dengan bahasa lainnya disebut Covid-19, dimana virus ini awalnya bersumber dari suatu wilayah di negeri Cina yaitu Wuhan. Sebagian penduduknya terserang virus ini dan sebanyak 3070 orang meninggal (CNBC Indonesia) yang ditandai dengan munculnya demam, pilek, batuk kering dan sesak nafas. Virus ini utamanya menyasar pada usia tua atau rentan yang memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, jantung, hipertensi dan lain-lain.

Virus yang tidak terlihat ini penyebarannya sangat cepat yaitu melalui kontak body dari orang ke orang, atau dari bersin yang menyentuh fisik orang lain. Hingga saat ini belum ditemukan obat/vaksin untuk membunuh Covid-19. Selain Wuhan, negara lain seperti Korea Selatan, Italy dan Iran juga sebagai negara dengan penduduk terbanyak terserang oleh Covid-19 (Harian resmi WHO).

Bagaimana dengan kondisi Indonesia saat ini, dengan semakin banyaknya korban berjatuhan, karena awalnya virus ini masuk ke Indonesia tidak dilihat sebagai hal yang serius tidak menjadi prioritas utama untuk dipersiapkan pencegahan dan penangananya sehingga hampir satu bulan tanpa tindakan apapun sejak awal sampai ke Indonesia  oleh Pemerintah, sehingga rakyat Indonesia juga tidak peduli. Semua berjalan biasa saja tidak mewaspadai kehadirannya dan akibatnya berjatuhan banyak korban meninggal sebelum disadari lebih jauh. 

KEMBALI KE ARTIKEL