Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

Terapi Menggambar Buat Anak Special ( Autis )

15 April 2011   16:49 Diperbarui: 26 Juni 2015   06:46 2728 0
Seperti kita ketahui setiap individu anak istimewa ini memiliki sifat dan karakter yang unikyang tentu saja setiap terapi ataupun metode apapun yang diterapkan untuk anak-anak special ini juga berbeda-beda. Hanya saja secara umum saya akan memberikan cara-cara umum yang mungkin dapat membantu sebagai terapi gambar dan untuk mengembangkan kemampuan gambar anak-anak spesial ini.

Sebelum memulai kelas gambar untuk anak special ini yang perlu digaris bawahi adalah bahwa semua hal yang berkaitan dengan pekembangan anak-anak ini adalah sebuah proses dan kita harus sabar dan bener-bener menghargai proses ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Anak-anak ini setidaknya harus sudah memiliki minat dan semangat yang tinggi dalam menggabar atau mewarnai. Kalau menurut saya hal ini dapat dilihat dari antusiasme mereka berupa celotehan/perkataan mereka “Pak ayo hari ini kita menggambar ayam” (Memey yang biasanya bilang kayak gini )…atau Tiara “power puff girl..power puff girl”atau Jason “Pak saya pengen gambar…pengen gambar” tetapi setelah memegang crayon hasilnya ngak karuan. Sebenernya semuanya itu tidak masalah yang jelas sudah ada antusiasme dari anak-anak special ini.
  2. Perlu diperhatikan usia anak dengan materi yang diberikan karena berpengaruh terhadap persepsi anak tentang gambar itu sendiri, tentang bentuk dan tentang warna.
  3. Pada kondisi anak normal saya memberikan 4 metode pembelajaran menggambar dan mewarnai yaitu mencontoh gambar dari instruktur, mencontoh gambar dari benda-benda/obyek di sekelilingnya, menggambar bebas dengan topic yang sudah ditentukan dan yang terakhir adalah khusus mewarnai. Ada kalanya bisa diterapkan seluruhnya untuk anak special ini atau bisa diterapkan secara bertahap dan dilihat perkembangannya. Mungkin yang paling mudah adalah dengan menerapkan menggambar bebas dan mewarnai terlebih dahulu.
  4. Saya masih belum merumuskan materi gambar berdasarkan tingkat usia anak-anak ini. Hampir semuanya menjalani materi yang sama mungkin saja seandainya ada banyak asisten bisa jadi materi gambar yang saya berikan berdasarkan perkembangan tingkat usia mereka.

Karena anak-anak special ini memiliki karakter yang berbeda maka cara penanganannya pun juga berbeda.

Pertama

Berdasarkan artikel-artikel kelas seni yang saya peroleh dari internet maka setiap kali memulai sebuah kelas seni dan mulai mengajarkan apa yang saya ketahui. Selembar kertas A4 selalu saya berikan kepada tiap siswa termasuk anak special ini. Dengan pensil kertas A4 dibagi menjadi 4 bidang tanpa menggunakan penggaris cukup dengan tangan saja, garis tidak simetris juga tidak masalah.Bidang pertama untuk menggambar manusia, bidang kedua untuk menggambar binatang, bidang ketiga untuk menggambar tanaman/pepohonan dan bidang keempat untuk menggambar Rumah. Berikan contoh tiap bidang jika memang belum bisa berimajinasi sendiri. Tujuan dari semua itu adalah untuk melihat seberapa jauh kemampuan gambar anak-anak special ini ataupun dapat diketahui tingkat imajinasinya. Media : kertas A4, pensil 2B dan penghapus.

Kedua

Mulai berikan contoh menggambar dan mewarnai berupa obyek-obyek sederhana. Cukup gunakan kertas gambar atau HVS ukuran A4.Untuk tahap ini uji coba yang sudah saya lakukan adalah sebanyak 12 kali pertemuan. Tiap pertemuan sekitar 1,5 sampai 2 jam. 12 kali pertemuan ini selesai dalam jangka waktu 3 bulan karena hanya dilakukan tiap hari minggu saja. Dan di tiap pertemuan ada sekitar 5 gambar dimana anak-anak special ini dituntun dan diarahkan untuk menggambar dari mulai garis dasar sampai dengan mewarnai obyek gambar yang sudah jadi dari hasil karyanya sendiri. Dari 12 kali pertemuan itu ada sekitar 60 gambar yang sudah dipelajari anak-anak special ini. Media : kertas A4, pensil 2B, penghapus dan crayon ( segala merek crayon ).

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun