Mohon tunggu...
KOMENTAR
Inovasi

Demi Rating, Media Online Langgar Kode Etik Jurnalistik

15 April 2016   12:18 Diperbarui: 15 April 2016   12:31 1930 1
Ketika mendengar kata media online, mungkin yang terbesit di dalam pikiran ialah kecepatan. Media online memang dikenal akan kecepatannya dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Cirinya yang bisa diakses di mana saja membuat media online menjadi sumber informasi bagi masyarakat saat ini, terlebih lagi bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk membaca koran atau menyaksikan berita di pagi hari. Media online bahkan bisa menjadi teman bagi beberapa orang yang hendak mengetahui informasi di saat sedang terjebak kemacetan. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa 44% responden mereka memilih untuk menggunakan portal berita online paling tidak sekali dalam satu hari untuk mencari berita, dan 19% yang menggunakan surat kabar untuk kebutuhan sehari-hari (Allan, 2006:3). Media online menyediakan informasi dalam waktu singkat dengan referensi yang banyak. Pengguna hanya memilih link mana yang akan dia gunakan sebagai referensi kebutuhannya. Berbeda dengan dahulu, media online saat ini sudah bisa digunakan oleh siapa saja, bahkan masyarakat. Di dalam buku New Media : A critical Introducton dijelaskan lebih jauh bahwa media online juga merujuk pada kegiatan seperti : fotografi, periklanan, film, penyiaran (radio dan televisi) dan penerbitan (Lister, 2009:9).

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun