Mohon tunggu...
KOMENTAR
Kesehatan Pilihan

Tips Mengatasi Asam Lambung

4 Maret 2021   12:53 Diperbarui: 4 Maret 2021   17:03 235 5


Sekedar berbagi dari pengalaman pribadi yang dirasakan ketika didera asam lambung.

Dari kecil masalah sakit yang saya alami selalu berkaitan dengan urusan perut/masalah pencernaan, pernah sakit maag, pernah juga mengalami sakit tipes. Namun setahun belakangan yang mengejutkan saya adalah sakit lambung yang cukup lama. Dalam catatan pribadi saya nampaknya hampir setahun berjalan.

Ketika kambuh perut terasa sebah, dada sampai punggung terasa panas, kadang nafas sesak seperti pendek rasanya nafas kita. Belum cukup sampai di situ psikologis kita dilanda kecemasan yang berlebih.

Akibat dari kecemasan berlebih seperti itu segala daya upaya saya lakukan untuk memaksimalkan upaya penyembuhan, saya pernah general checkup semi lengkap untuk mengetahui kondisi sebenarnnya, pernah juga beberapa kali periksa ke dokter dalam. Dokter tetap meresepkan bahwa saya menderita asam lambung berlebih.

Atas saran dan resep dokter saya pun terus rutin minum obat-obatan lambung dari dokter, disamping juga mengupayakan pengobatan yang lain. Hingga pada suatu hari saya bertemu pak Mulyono di Sumber Pucung - Malang. Beliau menyarankan untuk rutin setiap pagi minum air rebusan temulawak sebelum makan yang lain, rupanya itu sangat berkhasiat untuk membantu metabolisme tubuh.

Kemudian obat herbal lain yang saya rasakan cocok ketika asam lambung naik dan terasa sesak di dada minumlah air rebusan kunyit putih. Baik temu lawak ataupun kunyit putih sama cara membuatnya, kunyit atau temu lawak di iris tipis-tipis usahakan ketika direbus irisan berjumlah ganjil, kemudian rebus sampai mendidih dan air berkurang setengahnya-kalau dua gelas jadi satu gelas, lalu tambahkan gula watu. Minumlah dalam keadaan hangat.

Akhirnya saya pun mengetahui ternyata jamu herbal semacam itu, baik temulawak maupun kunyit putih banyak dijual di toko-toko jamu, bahkan kunyit putih tersedia dalam bentuk serbuk siap seduh.

Seperti itu pengobtan herbal untuk asam lambung yang pernah saya alami, intinya kalau pengobatan herbal harus telaten tidak bisa instan dan kita sendiri yang merasakan manfaatnya.

Yang tidak kalah penting ketika sakit asam lambung adalah mengolah pikiran, jangan sampai mengalami tekanan jiwa yang hebat. Sebab jika itu terjadi, maka bisa dipastikan asam lambung akan naik. Tetap konsentrasi dan rileks, sebab yang saya rasakan perasaan yang kacau akan lebih memperparah keadaan.

Kecemasan yang berlebih akibat asam lambung pernah saya rasakan sendiri, rasanya diri ini tinggal pasrah akan keputusan Tuhan. Ada baiknya akan saya ceritakan pengalaman saya, ketika saya mencapai titik nadir perasaan bahwa Tuhan akan memanggil saya, pada saat itu Tuhan mengirimkan pertolongan. Ibu Ida, begitu panggilan akrabnya berkunjung ke rumah saya, melihat keadaan saya yang sakit, beliau menawarkan pengobatan psikis dengan Tekhnik Coatching, tanpa pikir panjang saya pun diterapi beliau, hasilnya luas biasa, saya bisa mengeluarkan segala beban di jiwa, sehingga menemukan kembali semangat untuk sembuh.

Teknik coacthing merupakan bagian dari Creative trauma cleansing (CTC) intinya yang kemudian saya pahami ada dua hal, yang pertama munculkan histori yang menyebabkan jiwa kita terbebani, penyebab kesedihan dan derita di masa lalu, kemudian secara kejiwaan hal itu kita buang jauh-jauh. Setelah itu kemudian munculkan hal-hal yang membuat kita bahagia. Untuk praktek ini memang memerlukan ahlinya.

Setelah melalui rangkaian terapi Psikis seperti itu dengan karunia Allah saya bisa move on lagi, muncul semangat lagi dan optimis menatap masa depan. Semoga bermanfaat, Huwa Syafi ( Dialah Tuhan Yang Maha Penyembuh).

KEMBALI KE ARTIKEL