Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Mewarnai dengan Media Cotton Bud Pada Anak Usia Dini
27 Januari 2024 18:52Diperbarui: 4 Februari 2024 13:34691
Berdasarkan Permendikbud nomor 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, bahwa pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya akan sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Awal kehidupan anak merupakan masa yang paling tepat dalam memberikan dorongan atau upaya pengembangan agar anak berkembang secara optimal. Oleh karena itu, pemerintah telah mendirikan beberapa layanan pendidikan yang diperuntukkan untuk anak usia 0-6 tahun yang bertujuan mengembangkan aspek-aspek perkembangan yang dimiliki anak. Adapun keenam aspek perkembangan yaitu adalah aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni. Pendidikan anak usia dini terbagi menjadi dua yaitu pendidikan norformal dan pendidikan formal. Pendidikan nonformal terdiri dari Tempat Penitipan Anak (TPA) untuk usia 0-6 tahun dan Kelompok Bermain (KB) untuk usia 2-4 tahun sedangkan Taman Kanak-kanak termasuk ke dalam pendidikan formal dimana pendidikan yang diselenggarakan untuk anak usia 4-6 tahun. Anak usia 0-6 tahun termasuk dalam usia keemasan (golden age), pada usia tersebut anak berada pada perkembangan terbaik untuk otak dan fisik anak yang berkembang sangat pesat, sehingga harus mendapat stimulasi yang tepat.
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.