Mohon tunggu...
KOMENTAR
Edukasi

Bagaimana Cara untuk Mengelola Diri Sendiri (Self Management) dengan Baik?

27 April 2020   04:43 Diperbarui: 27 April 2020   06:10 1009 0



manajeman diri merupakan pengandalian yang mana kita harus bisa mengngendalikan pikiran, ucapan, dan perbuatan yang  kita lakukan, sehingga kita dapat terhindar  hal-hal yang tidak baik yang mana hal ini akan meningkatkan perbuatan baik dan bener. Manajemen diri adalah proses merubah "totalitas diri". Memanajemen diri adalah hal yang sangat penting untuk masa ini dan masa yang akan mendatang. Nah, buat teman-teman pembaca perlu tau ni, bahwa self management atau yang biasa kita sebut  mengendalikan diri adalah salah satu kemampuan terpenting dalam hal bisnis, organisasi bahwkan dalam kehidupan sehari-hari.  Sebab self management salah satu skill yang hampri dibilang sulit untuk kita pelajari dan juga diterapkan pada diri kita dan diri seseorang. Self management sendiri berarti kemampuan yang mengendalikan perasaan, emosi, dan aktivitas sehari-hari yang akan mempengaruhi peran kita baik dalam bisnis maupun dalam kehidupan pribadi.
Aapun hal-hal yang dapat meningkatkan self management
1. mengatur stres
        Hal yang pertama dan utama dari self magement yaitu mengacu pada kemampuan pribadi untuk menolak setiap situasi stress.  Saat kita mulai mengembangkan keterampilan yang mana itu  untuk menajemen diri, maka kalian akan menghindari banyak kesalahan pada diri kita yang sebagian akan membuat kita stress. Stres dapat membuat blok kemampuan kita untuk berpikir dan membuat keputusan yang rasional berkurang sehingga produktivitas kita turun dan membuat kita frustasi.
2. Problem Solving
        Kita harus menggunakan otak sebagai mekanisme dalam membuat keputusan yang tepat.  Bahkan hal yang sulitpun dapat dapat kita tangani secara efisiens  jika proses mental dalam kepala kita. Pemecahan masalah mengharuskan Anda untuk beroperasi fakta dan membuat asumsi yang tepat untuk menganalisis situasi, meninjau masalah, dan mencari solusi yang efektif
3. Komunikasi
        Dalam memanajmen diri yang harus kita perlukan juga yaitu komunikasi, sebab dengan komunikasi kita dapat  mengembangkan pribadi dan kemajuan karir yang mana itu berkaitkan dengan orang lain yang.  Kalau kita dapat berkomunikasi secara efisien kepada orang lain maka kita  bisa berbagai informasi dengan cekatan dan dapat memhami informasi secara jelas dan tepat.
4. Manajemen Waktu
"waktu adalah uang ", pernah kah kalian dengar kata itu?  Nah, bagi sebagian orang yang ingin sukses pasti mereka mementingkan waktu dalam segala aktifitas mereka. Karna waktu mmerupakan hal terpenting dalam mencapai suatu impian. Menajemen waktu adalah suatu waktu yang mana waktu salah satu ketrampilan manajemen diri yang sangat penting membuat seseorang menjadi lebih produktif.
5. Ingatan
Kemampuan untuk mengingat peristiwa, nama, fakta, dll, membuat Anda dapat mengingat tugas-tugas yang perlu kalian lakukan keterampilan manajemen diri contoh lain, berkomitmen untuk memori membutuhkan usaha pribadi Anda untuk mengembangkan kemampuan pikiran Anda.
Ada Tiga cara untuk meningkatkan proses Self Management yaitu:
 1.Identifikasi perasaan.
2.Bersikap jujur.
3.Jauhkan diri dari pikiran negatif.
       Dengan ketika cara tersebut dapat membantuk kita dalam mengontrol diri untuk berfikir logis dalam setiap masalah yang kita hadapi serta dapat membantu kita dalam mengurangi
Mengapa kita harus dapat mengendalikan diri ?
1.Untuk mengontrol diri.
2.Mengontrol kesehatan mental.
        Mampu mengendalikan keadaan dan perasaan dapat membantu anda dalam segala pekerjaan, akan menjadi lebih mudah dijalani.

KEMBALI KE ARTIKEL