Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Literatur Review Pola Asuh Otoriter pada Anak

22 Januari 2021   15:21 Diperbarui: 22 Januari 2021   15:43 99 1
1 Nama :NurulH.Maine1800002038 POLAASUHOTORITERLITERATURREVIEW Keywords:workmotivation,literaturereview Abstrak Penelitianliteraturinibertujuanuntukmembahasmengenaibeberapapenelitianterkaitpolaasuh otoriterpadaanak.Pencarianliteraturdilakukanpadabasisdatagooglescholardaritahun2015 hinggasekarang.Terdapat5artikeljurnalpenelitiantelahdiidentifikasimenggunakankriteriainklusif danekslusif.Berdasarkanreviewyangtelah,terdapatbeberapahalyangmemengaruhipolasasuh Otoriter,antaralainpolaasuhOtoriterdankecerdasanemosianak,polaasuhOtoriterdanPrilaku agresifanak,hubunganplaasuhterhadapperkembangananak,penerapanpolaasuhOtoriterpada makadanperanpolasasuhotoritelterhadapkematanganemosiyangdimoderatorolehkesabaran. KataKunci:PolaasuhOtoriter,literaturereview 1.Pendahuluan Polaasuhorangtuamemilikipengaruhyangbesarterhadapperkembanganmoral anakketikadewasa.Sayangnya,banyaksekaliorangtuayangtidaksadardengan tindakanyangmerekalakukankepadaanak.Banyakdariparaorangtuayang menerapkanpolaasuhsalahkarenaberpatokanpadapengalamanmasalaluyang pernahmerekarasakan.Polaasuhorangtuapadadasarnyaada3macam,yaitu polaasuhdemokratis,otoriterdanpermisif.Diantaraketigaitu,polapengasuhan otoriterlahyangdampaknyasangatberisikobagianak.Karenapolaasuhotoriter cenderungmenetapkanstandaryangmutlakharusdituruti,biasanyadisertakan denganancaman-ancaman.Sepertianakharusmematuhiperaturan-peraturan orangtuadantidakbolehmembantah. Polaasuhmerupakansikaporangtuadalam berinteraksidengananak-anaknya. Sekaranginitelahbanyakorangtuayangmenerapkanbeberapapolaasuhyang berbeda-bedakepadaanak.Mulaidariyangdisiplinhinggayangmemanjakan anaknya.Namundibalikitu,semuapolaasuhsangatpentingdalam pembentukan sikapdanperilakuanaktersebutkelak.Salahsatupembentukperilakuadalahpola asukanaksaatusiadini,karenaakanberdampakdikehidupanmasadepan apabila tidak diarahkan yang benar.Dimana perilaku iniakan pertama kali terbentukdarilingkungankelurgaterutamaorangtua.Anakusiadinimerupakan tahapanusiayangpalingmenentukanbagaimanakarakter,kepribadian,dansikap anakdimasadewasa. 2 2.MetodePenelitian Literaturereviewinidilakukandenganpencarianawaluntukmencarijurnalterkaittemayang akanditeliti,yaitupolasasuhOtoriter.Pencariandilakukanmelaluimelaluibeberapabasis dataelektronikinternasionaldengankatakunci"workpolaasuhOtoriter.Ditemukan5jurnal nasionalIndonesia.Semua pencarian ditemukan penelitian dengan setting tempatdi berbagaikotadiIndonesiasesuaidengantujuanpenulisanyaitumengetahuipermasalahan polaasuhOtoriterpadaanak.JurnalyangdiperolehdariJurnalPsikologi,.Pencarianjurnal dimulaidaritanggal10Desember2020hingga11Desember2020untukmengidentifikasi jurnaldenganinklusiyangditerbitkandalam5tahunterakhir(2014-2019)dandapatdiunduh dalamversilengkap. 3.HasildanPembahasan Berdasarkanprosespenelitiandanseleksi,3jurnalartikeldipilihdanditunjukkanpada Tabel1.RingkasanIsiArtikelJurnalyangDipilih Judul&Penulis Setting Sample Desain penelitian Instrumen Pengukuran Hasil Pola asuh otoritel orang tua, kecerdasan emosi dan kemandirian anakSD Nurlstiqomah Hidayat TK Raden Ajeng KartiniTemandang SD wilayah gugus Kecematan marakurak Kabupaten Tuban Indonesia 70 anak SD kelas v wilayah Tuban Pengumpulan data menggunakan skalapola asuhotoriter orang tua,kecerdasan emosidan kemandirian yangdisusun sendirioleh peneliti. Analisisdata menggunakan teknikAnalisa RegresiGanda. Kemandirian diukurdengan3 poinskala kemandiriandalam pertanyaan favourabledengan pilihanSesuaiskor 3,Kurangsesuai skor2danTidak sesuainilai1. Pertanyaan Unfavourable dinilaisebaliknya. PolaAsuhOtoriter diukurdengan3 poin skalaPolaAsuh otoriterdalam pertanyaan favourabledengan pilihanSesuaiskor 3,Kurangsesuai skor2danTidak sesuainilai1. Pertanyaan Unfavourable dinilaisebaliknya. KecerdasanEmosi diukurdengan3 poin skalaPolaAsuh otoriterdalam pertanyaan favourabledengan pilihanSesuaiskor 3, Hasilpenelitian menunjukkan bahwapolaasuh otoriterdan kecerdasanemosi berkorelasidengan kemandirian. Secaraparsial hasilpenelitian jugamenunjukkan adanyakorelasi negatifantarapola asuhotoriterorang tuadengan kemandirian. Sebaliknya,ada korelasipositif antarakecerdasan omosidengan kemandirian. Keduavariable dependent penelitian memberikan kontribusisekitar 55,2%terhadap kemandiriananak. 3 Kurangsesuaiskor 2danTidaksesuai nilai1. Pertanyaan Unfavourable dinilaisebaliknya PolaAsuh OtoriterDengan PerilakuAgresif AnakUsia5-6 Tahun DefaniFauziyah Pratiwi,Ruli Hafidah,Adriani RammhmanP Nojolegi Teras, Boyolali Pengambi lan sampel mnggu akan teknik purposive sampling berjumlah 37orang tuadan anakusia 5-6tahun teknik Purposive Sampling Skalayang digunakan untuk mengukurpola asuhorang tua menggunakan Parenting Practices Questionnaire yang diadaptasidari Robinsondkk (1995)terdiri dari20item. Skalayang digunakan untuk mengukur perilaku agresif menggunakan kuisioneryang diadaptasidari jurnalBuss danPerry (1992:454) terdiridari27 item. Hasilpenelitian menunjukkan bahwaterdapat hubunganyang signifikan antarapola asuhotoriter denganperilaku agresifanak dengannilair= 0,996denganp =0,000dengan bantuanSPSS 16forwindows. Nilaitersebut menunjukkan hasilyang positifyang berartisemakin tinggipolaasuh otoritermaka semakintinggi pulaperilaku agresifanak. adahubungan positifatau searahantara polaasuh otoriterdengan perilakuagresif anakusia5-6 tahun. Keduaguru hendaknya mengetahui latarbelakang danlingkungan anakdirumah sebagaibahan pertimbangan dalam proses 4 pembelajaran, sehinggaguru dapat mencegah terjadinya perilakuagresif padaanak. Gurujugadapat melaksanakan seminar parenting dengan mengundang orangtuaanak. Ketigapeneliti selanjutnya dapat menindaklanjuti penelitianini dengan memperbanyak populasi penelitiandan referensiyang lebih mendalam. Perlunya penelitian lanjutandengan lebihmendalam untuk membuktikan faktorselain polaasuh otoriteryan dapat mempengaruhi perilakuagresif anakusia5-6 tahun. HubunganPola AsuhTerhadap Perkembangan AnakUsiaDini Januari 2014.vol.13No. 01.Hal.1-8 TK Kuntala DewiIII Desa, Abiansem al Kecemata n, sampel sebanyak 42siswa Penelitianini termasuk tipe penelitianex postfacto Pengukuran instrumeg yang digunakan dalam penelitianini yaituskala likertdengan Hipotesisyang diajukandalam penelitian hanya hipotesisutama tidakmerinci lebihjauhpada 5 P e r s o n a j u r n al psikologi Indonesia A b i a n s e m al,Ba n d u n g e m p a t s k ala , S a n g a t S e s u a i ( S S ) , S e s u a i ( S ) , T i d a k S e s u a i ( T S ) , d a n S a n g a t T i d a k S e s u a i ( S T S ) . P ili h a n j a w a b a n s a n g a t s e s u a i a t a u s e s u a i d i p ili h a p a b ila d ala m k e s e h a r i a n p e n e r a p a n p ola a s u h y a n g d ila k u k a n s a n g a t s e s u a i a t a u s e s u a i d e n g a n p e r n y a t a a n y a n g d i s e d i a k a n ole h p e n eli t i , s e d a n g k a n a p a b ila p e r n y a t a a n t i d a k s e s u a i d e n g a n p e n e r a p a n p ola a s u h y a n g d i t e r a p k a n d ala m k e s e h a r i a n , m a k a d a p a t d i p ili h j a w a b a n y a n g t i d a k s e s u a i a t a u s a n g a t t i d a k s e s u a i . b a g i a n - b a g i a n y a n gle b i h k e c il. A d a p u n h i p o t e s i s y a n g d i a j u k a n a d ala h t e r d a p a t h u b u n g a n s e c a r a b e r s a m a - s a m a a n t a r a p ola a s u h d e m o k r a t i s , o t o r i t e r , p e r m i s i f d e n g a n p e r k e m b a n g a n n ila i m o r ald a n a g a m a , p e r k e m b a n g a n s o s i al emos i o n al, p e r k e m b a n g a n b a h a s a , p e r k e m b a n g a n k o g n i t i f , p e r k e m b a n g a n f i s i k . A n ali s i s d a t a p e n eli t i a n m e n g g u n a k a n t e k n i k k o r ela s i k a n o n i k al. P e n g ola h a n d a t a k o r ela s i k a n o n i k al dalam penelitian i n i m e n g g u n a k a n b a n t u a n p r o g r a m S P S S - 1 6 f o r w i n d o w s . B e r d a s a r k a n h a s ila n ili s i s 6 data, dapat disimpulkan duavariabel dependendan variabel independen memiliki hubunganyang signifikan. Dengan perkataanlain terdapat hubungan positifantara polaasuh otoriter, demokratis,dan permsisif dengan perkembangan nilaimoral, sosial emosional, bahasa, kognitif, danfisik motorikjika dilakukan pengujian secara kelompok.Dari tiga variabel independen, adasatu variabelyang memiliki hubunganyang sangattinggi yaitupolaasuh demokratis. Dengan 7 d e m i k i a n d a p a t d i a r t i k a n p ola a s u h d e m o k r a t i s b e r p e n g a r u h p o s i t i f t e r h a d a p p e r k e m b a n g a n m o r ala g a m a , s o a s i al emosio n al, b a h a s a , k o g n i t i f , d a n f i s i k m o t o r i k P e n e r a p a n P ola A s u h O t o r i t e r P a d a A n a k W ula n d a r i A d i t y a A z i s K a d e r p o s y a n d u d e s a K a w u n glu w u k Ib u - i b u k a d e r p o s y a n d u y a n g b e rj u mla h 8 i b u - i b u P e n eli t i a n i n i m e n g g u n a k a n p e n d e k a t a n k u ali t a t i f d e n g a n m e t o d e s t u d i k a s u s d a n c a r a p e n g u m p ula n d a t a n y a m elalu i t e k n i k o b s e r v a s i t i d a k t e rli b a t ( n o n - p a r t i c i p a n t o b s e r v a t i o n ) d a n p e n d e k a t a n w a w a n c a r a . P e r k e m b a n g a n e m o s i t i d a k s ela m a n y a s t a b il, b a n y a k f a k t o r y a n g m e m p e n g a r u h i n y a b a i k f a k t o r k e a d a a n d ala m d i r i i n d i v i d u , k o n f ilk o n f il dalamprose s p e r k e m b a n g a n d a n s e b a b - s e b a b y a n g b e r s u m b e r d a r i lingkungan termasuk tekanandan harapan orangtuayang terlalutinggi terhadapanak. Reaksiemosi padaanakakan tampakpada amarah, ekspresirasa takut,rasa malu,cemburu, rasaingintahu yangkuat,iri hati, senang,gembira dankasih sayang. Emosipada 8 anak mempunyai peranan sebagai bentuk komunikasi dengan lingkungannya, pembentukkan kepribadiandan kebiasaanserta sebagaiupaya pengembangan diri.Akantetapi halitu tregantung padapolaasuh apayang diterapkan orangtuapada anak.Jika orangtua menerapkan polaasuh otoriter,maka cenderungakan berdampak pada munculnya perilaku antisosialpada anak.Sikapdan penerapan disiplinyang keraspada anakhanya akanmembuat kekeliruan dalampola asuh,akibatnya anakakan menjadi individuyang selaluingin dituruti,kurang toleran terhadapteman sebayanya. Orangtuatipe 9 i n i c e n d e r u n g m e m a k s a , m e m e r i n t a h d a n m e n g h u k u m . A p a b ila a n a k t i d a k m a u m ela k u k a n a p a y a n g d i k a t a k a n ole h o r a n g t u a , m a k a o r a n g t u a t i p e i n i t i d a k s e g a n m e n g h u k u m a n a k . U n t u k i t u o r a n g t u a p e rlu b e r p i k i r ula n g t e n t a n g p ola a s u h s e p e r t i a p a y a n g a k a n d i t e r a p k a n p a d a a n a k a g a r p e r k e m b a n g a n e m o s i o n ala n a k t i d a k m e n g ala m i h a m b a t a n P e r a n p ola A s u h O t o r i t e r T e r h a d a p K e m a t a n g a n E m o s i Y a n g D i m o d e r a t o r i Ole h K e s a b a r a n J a k a r t a S a m ple p e n eli t i a n a d ala h r e m a j a s e b a n y a k 2 0 0 o r a n g y a n g t e r d i r i d a r i 1 1 9 o r a n g p e r e m p u a n d a n 8 1 o r a n gla k i -la k i m o d el cluste r r a n d o m s a m pli n g In s t r u m e n P ola A s u h O t o r i t e r ( P A O ) . Instrumen polaasu otoriterdalam penelitianini berasaldari PAQyang disusun olehBuri (1991)terdiri mengukurtiga polaasuh berdasarkan persepsianak terhadappola asuhorangtua nyayang terdiridari30 (tigapuluh) D a t a d i k u m p ulk a n m e n g g u n a k a n i n s t r u m e n t k u i s i o n e r K o m p e t e n s i K e s a b a r a n ( K K ) , K e m a t a n g a n E m o s i ( K E ) , d a n P a r e n t al Authority Question n a i r e ( P A Q ) . D a t a d i a n ali s a m e n g g u n a k a n a n ali s a m o d e r a t o r . H a s ilp e n eli t i a n t i d a k m e n u n j u k k a n p e r a n k e s a b a r a n 10 aitem.Masingmasingpola asuhterdiri dari10 (sepuluh) aitemyang dalam penelitianini hanyadiskor sepuluhaitem yang mengukurpola asuhotoriter karenasesuai dengantujuan penelitian. Tiappolaasuh kemudian dibagike dalampola asuhayahdan polaasuhibu, sehingga secara keseluruhan terdapat20 (duapuluh) aitempola asuhotoriter karena menurutBuri polaasuh ayahmaupun polaasuhibu dapatdipisah masingmasing perannya terhadap perkembanga nanak. Instrumen Kematangan Emosi(KE). Instrumen sebagai moderator terhadap kematangan emosi.Analisa lebihbaiklanjut menunjukkan bahwa kesabaran dan pola asuh ibu yang otoriter terbukti memberi dampak positif terhadap kematangan emosianak. 11 untuk mengukur kematangan emosi menggunakan diadaptasidari CED karena menurutteori Bowen(1978) dalamLicht& Chabot,2006) kemampuan melakukan diferensiasi emosi merupakan konsepyang palingkritis dalam kematangan perkembanga nindividu. Dengan demikian, individuyang memiliki kemampuan diferensiasi emosibaik diasumsikan memiliki kematangan emosiyang jugabaik Limaartikelpenelitiandiatasmenggunakaninstrumenpolaasuhotoritersebagaisalahsatu variabelyangditeliti.Caramengukurpolaasuhotoriterdariempatpenelitianhampirserupa, dengan menggunakan kuesionermaupun angket,namun dengan landasan teoriyang berbedabeda.Walaupunbegitu,penelitian-penelitiantersebutmengukurhalyangsama, yaitupolaasuhterkhususpolaasuhotoriterdanekstrinsikdarisubjekpenelitian.Subjek yangdigunakandalam artikelpenelitiandiatastentusajaadalahanak-anakdibeberapa kotadiIndonesia,yaitudiSDwilayahgugusKecematanmarakurakKabupatenTubandan kota-kotalain.Polaasuhotoriterdapatditelitisebagaivariabeldependenmaupunvaribel independen.Beberapapenelitianyangmembahaspolaasuhotoriter dikaitkandengan variabellainnya,sepertikecerdasanemosidankemandiriananak,Prilakuagresifanak,pola asuhterhadapperkembangananak,peranpolaasuhotoriterterhadapkematanganemosi yang dimoderatorioleh kesabaran.Penelitian pertama dariNuristiqomah Hidayat 12 mengatakanbahwaHasilpenelitianmenunjukkanbahwapolaasuhotoriterdankecerdasanemosi berkorelasidengankemandirian.Secaraparsialhasilpenelitianjugamenunjukkanadanyakorelasi negatifantarapolaasuhotoriterorangtuadengankemandirian.Sebaliknya,adakorelasipositifantara kecerdasanomosidengankemandirian.Keduavariabledependentpenelitianmemberikankontribusi sekitar55,2%terhadapkemandiriananak. PenelitianyangdilakukanolehDefaniFauziyaPratiwiDKKHasilpenelitianmenunjukkan bahwaterdapathubunganyangsignifikanantarapolaasuhotoriterdenganperilakuagresif anakdengannilair=0,996denganp=0,000denganbantuanSPSS16forwindows.Nilai tersebutmenunjukkanhasilyangpositifyangberartisemakintinggipolaasuhotoritermaka semakintinggipulaperilakuagresifanak.Adahubunganpositifatausearahantarapola asuhotoriterdenganperilakuagresifanakusia5-6tahun.Keduaguruhendaknya mengetahuilatarbelakangdanlingkungananakdirumahsebagaibahan pertimbangandalam prosespembelajaran,sehinggagurudapatmencegahterjadinyaperilakuagresif padaanak.Gurujugadapatmelaksanakanseminarparentingdenganmengundang orangtuaanak. Ketiga peneliti selanjutnya dapat menindaklanjuti penelitian ini dengan memperbanyakpopulasipenelitiandanreferensiyanglebihmendalam.Perlunya penelitianlanjutandenganlebihmendalam untukmembuktikanfaktorselainpola asuhotoriteryandapatmempengaruhiperilakuagresifanakusia5-6tahun. SedangkanpenelitianwulandariAdityaAzisPerkembanganemositidakselamanyastabil, banyakfaktoryangmempengaruhinyabaikfaktorkeadaandalam diriindividu,konfil-konfil dalam prosesperkembangandansebab-sebabyangbersumberdarilingkungantermasuk tekanandanharapanorangtuayangterlalutinggiterhadapanak.Reaksiemosipadaanak akantampakpadaamarah,ekspresirasatakut,rasamalu,cemburu,rasaingintahuyang kuat,irihati,senang,gembiradankasihsayang.Emosipadaanakmempunyaiperanan sebagaibentuk komunikasidengan lingkungannya,pembentukkan kepribadian dan kebiasaansertasebagaiupayapengembangandiri.Akantetapihalitutregantungpadapola asuhapayangditerapkanorangtuapadaanak.Jikaorangtuamenerapkanpolaasuhotoriter, makacenderungakanberdampakpadamunculnyaperilakuantisosialpadaanak.Sikapdan penerapandisiplinyangkeraspadaanakhanyaakanmembuatkekeliruandalam polaasuh, akibatnyaanakakanmenjadiindividuyangselaluingindituruti,kurangtoleranterhadap temansebayanya.Orangtuatipe 4.Kesimpulan Berdasarkanreview yangtelahdilakukan,terdapatbeberapahalyangmemengaruhipola asuhotoriter,antaralainkecerdasanemosidankemandiriananak,Prilakuagresifanak, hubunganpolaasuhterhadapperkembangananak,penerapanpolaasuh,kematanganemosi yangdimoderatoriolehkesabaran.Polaasuhorangtuamemilikipengaruhyangbesar terhadapperkembanganmoralanakketikadewasa. Polaasuhmerupakansikaporangtuadalamberinteraksidengananak-anaknya.Sekarangini telahbanyakorangtuayangmenerapkanbeberapapolaasuhyangberbeda-bedakepada anak.Mulaidariyangdisiplinhinggayangmemanjakananaknya.Namundibalikitu,semua polaasuhsangatpentingdalam pembentukansikapdanperilakuanaktersebutkelak.Salah satupembentukperilakuadalahpolaasukanaksaatusiadini,karenaakanberdampakdi kehidupanmasadepanapabilatidakdiarahkanyangbenar.Dimanaperilakuiniakan pertama kaliterbentuk darilingkungan kelurga terutama orang tua.Anak usia dini merupakantahapanusiayangpalingmenentukanbagaimanakarakter,kepribadian,dan sikapanakdimasadewasa. 13 Selainitulingkungansosialjugaberpengaruhterhadapperilakuanak.Karenasecaratidak langsung anak diusia dinijuga akan bergauldengan anak seusianya yang ada di lingkungannya.Orangtuajugaperlumengawasipergaulananakdengantemanmaupun lingkungannya.Sebagaiorangtuakitaperlumenanamkannilaispiritualtentangpendidikan agamadanbagaimanacaraberibadah.Halinibertujuanagarnantinyasanganakmenjadi pribadiyangtaatkepadaagama.Makasudahselayaknyasebagaiorangtuayangbaikkita harusdapatmenerapkanpolaasuhyangakanmembentukpribadianakyangbaikmulaidari usiadini. DaftarRujukan https://puspensos.kemsos.go.id/pentingnya-penerapan-pola-asuh-yang-tepat-pada-anakusia-dini https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/35658 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/download/13793/8777 http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunassiliwangi/article/download/1225/746http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/ download/3842/2110

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun