Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Perbedaan Publik, Massa, Kerumunan, Kelompok, dan Organisasi

15 Oktober 2010   04:55 Diperbarui: 4 April 2017   18:30 88537 0
Manusia dalam melakukan berbagai kegiatan tidak akan terlepas dari adanya hubungan dan komunikasi dengan orang lain. Untuk itulah dalam berhubungan dan berkomunikasi kita juga tidak terlepas dari adanya kerja sama yang baik demi tercapainya tujuan bersama yang saling menguntungkan. Bentuk kerja sama ini dapat dibendung dalam satu wadah kegiatan yang terkoordinir maupun yang tidak terkoordinir. Misalkan saja adanya organisasi, kelompok, kerumunan dan dinamika dalam kelompok tersebut.

Adapun pengertian dari masing-masing kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Organisasi

Secara umum organisasi dapat diartikan sebagai suatu bentuk formal sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing yang bekerja sama dalam satu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama. Untuk mencapai tujuan bersama ini diperlukan komunikasi antara pihak-pihak yang terkait dalam sebuah organisasi tersebut dengan disertai usaha yang sungguh-sungguh dan melakukan kewajibannya sesuai dengan tugas masing-masing secara bertanggung jawab.

Macam organisasi dapat kita bedakan menjadi 2 yaitu organisasi formal dan organisasi informal. Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh: PT (Perseroan Terbatas), sekolah, Negara, dan lain sebagainya. Sedangkan organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara tidak sadar. Contoh : arisan ibu-ibu, belajar bersama dengan anak-anak SD dan camping ke gunung ramai-ramai dengan teman.

Adapun ciri-ciri dari sebuah organisasi adalah:

a) Adanya komponen (atasan dan bawahan).

b) Adanya kerjasama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).

c) Adanya tujuan.

d) Adanya sasaran.

e) Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.

f) Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.

Dalam sebuah organisasi biasanya akan terjalin suatu hubungan antara atasan dan bawahan. Untuk organisasi pemerintah sering digunakan istilah administrasi, sedangkan untuk organisasi swasta sering digunakan istilah manajemen. Dimana antara organisasi, administrasi, dan manajemen mempunyai hubungan yang erat.

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa sesungguhnya administrasi dan manajemen adalah sama, hanya saja istilah administrasi digunakan pada badan / organisasi pemerintah, sedangkan istilah manajemen dipergunakan untuk organisasi swasta. Administrator sama artinya dengan manajer, tetapi organisasi untuk pemerintah. Hal ini dapat dilihat pada penggunaan istilah manajer untuk perusahaan swasta yaitu diantaranya manajer pemasaran, manajer pembelian dan lain-lain. Serta kepala bagian administrasi keuangan, kepala bagian administrasi kepegawaian dan lain-lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan antara administrasi, organisasi, dan manajemen adalah sebagai berikut :


  • Kepemimpinan merupakan arti dari manajemen.
  • Melalui manajemen semua kegiatan di koordinir dan diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.
  • Administrasi merupakan suatu kegiatan pelayanan, termasuk di dalam kegiatan administrasi adalah kegiatan pengelolaan atau manajemen administrasi dapat dilaksanakan di dalam atau diluar organisasi (formal).
  • Organisasi (formal) merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan administrasi.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun