Mohon tunggu...
KOMENTAR
Edukasi

Pekan Olahraga Seni dan Seminar Internet FMIPA - UM 2020

25 September 2020   14:45 Diperbarui: 25 September 2020   14:48 25 1

Pekan Olahraga Seni dan Seminar Internet FMIPA (POSESIF) merupakan salah satu program kerja divisi Seni dan Olahraga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA Universitas Negeri Malang. Kegiatan POSESIF dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional tanggal 09 September 2020. Dikarenakan pandemi covid-19, kegiatan ini dilakukan secara daring (online) yang dipandu oleh Urbach Aisha Kemal (Matematika 2017) dan dimoderatori oleh Azizah Nur Laily (Matematika 2017). Adapun tujuan dari kegiatan POSESIF kali ini adalah untuk meningkatkan kesadaran para pemuda dalam keterlibatan mereka untuk ikut serta mengembangkan olahraga nasional.

Rangkaian kegiatan POSESIF terbagi menjadi dua, yaitu webinar dan lomba-lomba online. Untuk kegiatan webinar yang bertemakan peran pemuda bagi perkembangan olahraga nasional dilakukan pada tanggal 09 September 2020 via zoom dengan pemateri Daniel Wenas seorang atlet bola basket nasional, yang diikuti kurang lebih 300 peserta. Dalam webinar tersebut Daniel berpesan bahwa sebagai pemuda kita harus merubah cara berfikir kita dalam ikut serta mengembangkan olahraga nasional, bahwa untuk berperan dalam perkembangan olahraga nasional tidak harus menjadi atlet, namun melalui berbagai partisipasi dalam kegiatan olahraga yang dilakukan oleh para pemuda, juga dapat memberikan dukungan bagi perkembangan olahraga nasional.

Untuk kegiatan perlombaan terdiri dari lomba junggling bola, passing voli, tari/dance, melukis, fotografi, baca puisi, dan menyanyi.  Jadwal pendaftaran dimulai pada tanggal 16 Agustus 2020 -- 08 September 2020, pengumpulan karya dilakukan pada tanggal 09 September -- 15 September 2020 dan pengumuman pemenang masing -- masing lomba dijadwalkan pada tanggal 19 September 2020. Jumlah peserta yang mengikuti lomba kali ini sebanyak 283 peserta dengan rincian junggling bola sebanyak 16 peserta, passing volley ball sebanyak 35 peserta, melukis sebanyak 47 peserta, tari atau dance sebanyak 60 peserta, fotografi sebanyak 81 peserta, menyanyi sebanyak 15 peserta, dan yang terakhir lomba baca puisi sebanyak 80 peserta.

Dari hasil penilaian masing -- masing lomba yang dilakukan oleh dewan juri, didapatkan hasil sebagai berikut. Pemenang Lomba Junggling bola pada posisi pertama diraih oleh Rizky Afridyaputra, posisi kedua diraih oleh M. Lutfhan Lufillah, dan posisi ketiga diraih oleh Muhammad Labaieb, sedangkan juara favorit diraih oleh Amirul Khoir. Pemenang lomba passing volley ball pada posisi pertama diraih oleh Abdul Khafid, posisi kedua diraih oleh Ghefira Nur Fatimah, posisi ketiga diraih oleh Iza Rufaidah, dan juara favorit diraih oleh Muh. Ikram. Posisi pertama dalam lomba melukis diraih oleh  Argya Priananda, posisi kedua diraih oleh Puji Laily, Posisi ketiga diraih oleh Finka Rizqi, sedangkan juara favorit diraih oleh Nasyiwa Mirvat. Lomba tari/dance pada posisi pertama diraih oleh Chira Leilani, posisi kedua diraih oleh Ridho Tri Anggara, posisi ketiga diraih oleh Louis Albern, sedangkan juara favorit diraih oleh Ellycia Nur Christina. Untu perlombaan Fotografi pada posisi pertama di raih oleh Seri Rejeki, posisi kedua diraih oleh Made Giani, Posisi ketiga diraih oleh Pinkan Ahdalifa, dan juara favorit diraih oleh Zahra Sania. Lomba menyanyi pada posisi pertama diraih oleh Intan Dwi Mardi, posisi kedua diraih oleh Tsaniyah Wardah, posisi ketiga diraih oleh Irfan Ahlan, dan juara favorit diraih oleh Bella Nabila. Sedangkan pemenang dari Lomba yang terakhir yakni lomba puisi pada posisi pertama diraih oleh Angeline Nanda, posisi kedua diraih oleh Nur Hidayatun, posisi ketiga diraih oleh Fini Sumarni, dan juara favorit diraih oleh Diana Dahniar. Kami segenap panitia POSESIF mengucapkan selamat kepada para pemenang diatas. Kepada para peserta yang belum menang, jangan berkecil hati, kalian sudah selangkah lebih maju, teruslah asah kemampuan kalian. Untuk mengetahui karya -- karya para pemenang lomba bisa langsung dilihat di official akun instagram @posesif2020.

Demikian ulasan singkat dari kegiatan Pekan Olahraga Seni dan Seminar Internet FMIPA (POSESIF) yang diselenggarakan oleh BEM FMIPA UM 2020, semoga segala kegiatan yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat. Sampai bertemu di kegiatan kami berikutnya. Salam Olahraga Nasional.

Berikut dokumentasi kegiatan yang diambil dari rangkaian kegiatan POSESIF 2020. Dokumentasi lomba dapat dilihat di Official Akun Instagram @posesif2020

KEMBALI KE ARTIKEL