Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Mengenali Gaya Belajar

29 Oktober 2022   21:11 Diperbarui: 29 Oktober 2022   21:13 94 1
Secara umum pembelajaran di SD masih pembelajaran, belajar pada guru, dan menggunakan versipembelajaran langsung. Selain itu, guru belum mengembangkan pembelajaran pemecahan masalah. Hal inilah yang menyebabkan hasil belajar matematika siswa SD rendah karena siswa belum diberi kesempatan untuk memecahkan masalah matematika. Namun, sebagian besar siswa tidak memiliki keterampilan memecahkan masalah. Siswa yang tidak mampu menerapkan keterampilan dalam memecahkan masalah dapat mengalami kesulitan belajar karena berbagai. Salah satu faktor tersebut adalah cara belajar atau pemahaman seseorang terhadap sesuatu. Cara belajar siswa sering disebut dengan gaya belajar Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dalam memecahkan masalah. Gaya belajar adalah metode yang menjelaskan bagaimana seorang individu belajar dan berfokus pada proses dalam menangkap informasi yang sulit dan baru melalui persepsi yang berbeda (Negara et.al, 2021). Melalui gaya belajar dapat membantu memaksimalkan potensi otak sebagai kemampuan untuk mengatur dan mengelola informasi melalui aktivitasterlihat dan mental (Amin, 2016). Guru yang tidak memperhatikan gaya belajar siswa menyebabkan hasil belajar kurang sempurna pada beberapa materi pelajaran. gaya belajar dibedakan dalam tiga kelompok yaitu gaya belajar terlihat , gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik. Gaya belajar memiliki peran penting dalam pendidikan, terutama dalam proses kegiatan belajar mengajar. Gaya belajar siswa yang sesuai dengan cara mereka melakukan kegiatan belajar akan memberikan dampak positif, seperti dapat meningkatkan prestasi belajar mereka. Oleh karena itu, guru dalam mengajar harus memperhatikan gaya belajar siswa. Dengan mengenali gaya belajar siswa, guru dapat merancang kegiatan pembelajaran dengan berbagai versi, strategi, dan metode yang sesuai.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun