Membuka Sisi Manusiawi dan Prestasi dari Anak-anak Berkebutuhan Khusus
1 Juli 2016 00:01Diperbarui: 1 Juli 2016 00:04160
Paradigma pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus mengisyaratkan, bahwa pendidikan seyogyanya berfokus pada kemampuan dan potensi, bukan pada kekurangan dan kelemahan. Namun sayangnya, perkembangan layanan pendidikan dan masyarakat masih memandang anak berkebutuhan khusus sebagai “exceptional children” ketimbang sebagai “children with special need education”. Sehingga masih sangat wajar bilamana penerimaan dunia pendidikan dan masyarakat terhadap golongan ini masih disangsikan. Akibatnya, banyak potensi yang tidak tergali, atau ketika berbicara akibat buruknya dalam jangka panjang, anak-anak berkebutuhan khusus ini hanya akan menyumbang angka dependency ratio daripada sebagai human resource yang akan berperan dalam kemajuan bangsa di masa depan.
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.