Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Alam & Tekno

Kembangkan Bisnis dengan Digital Marketing Tools

13 Desember 2023   12:45 Diperbarui: 13 Desember 2023   13:04 112 0
KEMBANGKAN BISNIS DENGAN INTERNET MARKETING TOOLS

 

A.  Internet Marketing

Internet marketing, juga disebut sebagai i-marketing, web marketing, pemasaran online, atau eMarketing, adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet (Wikipedia:2010). Perkembangan pengguna internet Indonesia meningkat tajam dalam beberapa tahun ini, menurut internetwordstats.com tahun 2000 terdapat 2 Juta pengguna internet di Indonesia, tahun 2010 ini pengguna internet di Indonesia sudah mencapai  30 juta pengguna dan menempati urutan ke 5 terbesar negara pengguna internet di asia.

Peningkatan tajam pengguna internet memiliki relevansi dengan pertumbuhan terknik dan tools yang tersedia untuk bisnis online. Dengan beragam alat bantu yang tersedia, saat yang tepat untuk UKM mempromosikan produk melalui websitenya dan sukses di dunia online.

B.  Taknik dan dan Peralatan Internet Marketing

Di sini hanya akan di bahas teknik dan alat internet marketing diluar web itu sendiri, artinya teknik-teknik internet marketing pada halaman website seperti optimasi meta tag meta. tag, optimasi judul dan penambahan fungsi lain pada web tidak dibahas. Bunafit Nugroho telah membahas beberapa teknik dan tool  yang bisa dimanfaatkan dari google diantaranya google analytics, google Adword, google trends, dan google webmaster tools (Nugroho, B & Suryana N 2010: 47-65). Sebelum bisa menggunakan tools dari google kita harus memilki account email di gmail.com.

1.   Google Analytics Google Analytics

merupakan solusi analisis web yang memberikan informasi rinci tentang kunjungan situs web dan keefektifan pemasaran. Fiturnaya mudah digunakan membuat pengguna dapat menganalisa data kunjungan dengan mudah dan cepat. Untuk bisa menggunakan tool ini harus mendaftarkan account email ke www.google.com/analytics Selain memanfaatkan fitur diatas ,Google Analytics akan membuat halaman web kita akan sering dikunjungi oleh mesin pencari, nantinya akan memudahkan website kita terindeks di mesin pencari.

2.   Google Adword dan Google Trends

Fasilitas ini disediakan oleh google untuk mengetahui keyword(kata kunci) yang paling populer saat ini. Tools ini bisa di akses di www.adword.google.com. Melalui tools ini UKM dapat menganalisa keyword yang akan di gunakan di websitenya berapa banyak volume pencarian lokal untuk keyword misalnya untuk keyword "hiasan dinding".

Adword juga menyediakan fasilitas promosi website berbayar, mengiklan website dengan membayar perklik halaman web yang diiklankan. Biaya registrasinya Rp 100 ribu. Setelah itu google akan mengiklankan web yang kita registrasikan di mesin pencari, iklan akan muncul apabila keyword yang kita daftarkan sesuai dengan keyword yang dimasukkan ke mesin pencari misalnya "hiasan dinding" dan "kaligrafi", semakin tinggi nilai uang yang dibayarkan semakin tinggi prioritas iklan yang kita tawarkan muncul di mesin pencari Google trend dapat diakses melalui www.google.co.id/trends Melalui google trend kita bisa melihat trend keyword yang kita gunakan, misalnya trend untuk kata kunci "hiasan" dan "kaligrafi" tahun 2009 didunia hasilnya dapat dilihat dibawah ini:

3.   Webmaster tools

Webmaster tools adalah layanan gatis dari google untuk webmaster. Layanan ini memberi kemud bagi webmaster memeriksa webnya, apakah sudah terindeks di google atau belum. Sberfungsi memudahkan memengoptimalkan visibilitas website terhadap mesin pencari. Tools ini dapat diakses dialamat https://www.google.com/webmasters/tools/. Webmaters memberitahukan pemilik kata kunci yang paling banyak digunakan orang mencari data lewat mesin pencari,

UKM dapat melakukan perbandingan berbagai keyword sesuai dengan barang atau jasa yang adalah layanan untuk webmaster. Layanan ini memberi kemudahan webmaster memeriksa status , apakah sudah terindeks di . Selain itu juga berfungsi memudahkan memengoptimalkan visibilitas website terhadap mesin pencari  ini dapat diakses dialamat https://www.google.com/webmastersebmaters tools akan memberitahukan pemilik urutan list paling banyak an orang mencari data lewat pencari, jadi website kita ditemukan berdasarkan kata yang ditampilkan olah dashwebmaster tools.

Webmaster tools menyediakan layanan untuk mengkonfigurasi website seperti layanan pembuatan sitemaps, Access untuk menghapus URL yang sudah terindeks oleh mesin pencari tapi pemilik website telah menghapus atau mengganti link alamat tersebut, tools ini juga mempunyai fasilitas merubah target lokasi pengunjung berasarkan negara, masih banyak fasilitas lagi yag disediakan berfungai memudahkan webmaster dalam mengelola websitenya Selain google, yahoo juga mempunyai yahoo! Site untuk para webmaster. Layanan ini menampilkan informasi situ indeks mesin pencari yahoo!. Sama dengan webmaster toolsgoogle, yahoo! Site Explorer juga memilki fasilitas konfigurasi websiteagar dapat terindeks di mesin pencari yahoo.com. Untuk dapat menggunakan fasilitas ini harus Tampilan Hasil Perbandingan Kata Kunci Hiasan dan Kaligrafi ditemukan berdasarkan kata kunci yang ditampilkan olah dashboard  ini juga menyediakan berbagai layanan untuk konfigurasi website seperti layanan pembuatan sitemaps, crawler untuk menghapus URL yang sudah terindeks oleh mesin pencari tapi pemilik website telah menghapus mengganti link alamat tersebut, tools ini juga mempunyai fasilitas okasi pengunjung masih banyak fasilitas lagi yag disediakan udahkan webmaster dalam mengelola websitenya. ahoo juga yahoo! Site explorer .

Layanan ini menampilkan informasi situs yang di indeks mesin pencari yahoo!. Sama tools milik ahoo! Site Explorer juga memilki fasilitas konfigrasi website agar dapat terindeks di mesin pencari . Untuk dapat menggunakan fasilitas ini harusterdaftar dengan email account @yahoo.com  Bing, Situs pencari milik microsoft juga memiliki Bing Webmaster Center, alamatnaya www.bing.com/webmaster. untuk apat memanfaatkan fasilitas ini harus registrasi dengan Windows Live ID(hotmail, messenger, Live, Xbox2. Fasilitas yang disediakan oleh bing hampir sama dengan Google Webmaster tools dan Yahoo! ite Explorer. 4.

4.   Web direktori

Web direktori adalah layanan yang mengelompokkan beberapa website ke sebuah direktori atau katagori. Dengan mendaftarkan web kita ke banyak web directory menjadikan alamat web kita memiliki anyak link, semakin banyak web kita terhubung ke alamat web lain akan membantu menaikan peringkatnya. Salah satu web yang menyediakan jasa web directory adalah www.alamatweb.com, web direktori ini khusus berisi direktori alamat website Indonesia, didalamnya terdapat berbagai kategori diantaranya produk, jasa dan informasi seputar website dalam negeri.

Saat pendaftaran harus mengisi form yang disediakan. Setelah dikirim, data akan di verifikasi oleh pengelola. Selesai diverifikasi URL alamat web kita akan ditampilkan disalah satu kategori yang ada. Web direktori luar negeri yang besar dan gratis salah satunya adalah www.dmoz.org. Dmoz juga dikaitkan dengan google direktori, untuk dapat masuk ke sini tidak gampang, banyak sekali web yang tidak disetujui oleh pengelola, bila sukses memasukkan alamat website ke dmoz.com dijamin akan meningkatkan trafik dan page rank website.    

5.   Portal Jasa

Dulu, iklan baris online menjadi pilihan orang mempromosikan produk dan jasa, kini iklan baris online jarang digunakan, karena informasi yang bisa ditampilkan terbatas. sekarang muncul portal-portal yanglebih dinamis. Pengguna bisa menyimpan file gambar dan informasi produk lainya. UKM juga bisa memanfaatkan portal ini untuk mempromosikan web dan produknya. Salah satu portal jasa yang trafiknya tinggi adalah 88db.com, peringkat 305 di alexa.com, menurut alexa.com 39% dari trafik 88db.com berasal dari id.88db.com, artinya hampir 40% pengunjungnya dari indonesia. Portal dengan trafik tinggi akan sering dikunjungi mesin pencari, dengan beriklan di portal jasa seperti 88db.com ini akan mempercepat halaman kita di indeks di halaman pertama search engine. Ada beberapa tempat alternatif untuk mengiklankan produk gratis, seperti plasa.com, tokobagus.com dan oxl.co.id. disarankan agar terlebih dahulu melihat ranking web tempat beriklan di situs terpercaya seperti alexa.com, agar iklan yang kita pasang lebih  bayak di kunjungi oleh calon pembeli.

6.   Situs Jejaring sosial

Aktif di sistus jejaring sosial menjadi tren yang terus berkembang pesat, Facebook adalah salah satu situs yang paling banyak penggunanya, sampai dengan bulan juli 2010 pengguna facebook sudah mencapai 500 juta orang. Facebook menjadi pasar yang sangat besar untuk mengiklankan produk dan jasa. Mengiklan kan melalui wall sangat terbatas, pilihan terbaik adalah mengikuti program iklan berbayar . Selain facebook forum seperti kaskus juga berkembang pesat, pengguna kaskus lebih dari 2 juta orang. Kaskus juga menyediaka FJB ( Forum Jual Beli) khusus untuk ransaksi jual beli. Selain gratis kaskus juga menyediakan rekening bersama (Rekber) untuk membantu dan menjamin keamanan transaksi di kaskus.us. selain forum jual beli juga ada forum konsultasi melalui  forum seperti ini kita juga bisa belajar dari senior-senior yang sudah berpengalaman di dunia online marketing.

7.   E-mail marketing

Email marketing adalah tools yang paling gampang dan mudah dalam mempromosikan produk. Tapi perlu trik dan seni tersendiri membuat email yang persuasif. Banyak orang yang mengangap iklan melaui e-mail adalah SPAM. Hasil survey oleh situs www. convinceandconvert.com merilis fakta-fakta tentang email tahun 2010, dikutip oleh onggo (2010) sebagai berikut 43% resipien meng-klik tombol Spam karena tertipu nama "dari" atau alamat email, 69% dari resipien email melaporkan email sebagai spam hanya karena kalimat yang tertulis pada kolom subject, 21% resipien email melaporkan email sebagai sebuah spam, meskipun mereka tahu ini bukan spam. 35% resipien email membuka email berdasarkan kalimat pada kolom subek. Sebaliknya pembeli potensial akan senang menerima email marketing yang memberikan sesuatu yang bernilai. Email yang berisi artikel mendalam, tips berguna atau ulasan produk yang tepat. Selain itu, e-newsletter yang ditawarkan melalui email dapat menarik khusus untuk pembeli potensial.

E-newsletter berisi dokumen dari potongan email marketing tradisional dan memberikan banyak informasi tambahan ke penerima email. Hal penting yang harus diingat adalah memberikan informasi cara penerima dapat menghentikan penerimaan email, Hal ini penting karena penerima email mungkin pernah tertarik untuk menerima email marketing saja namun seiring waktu ini dapat berubah. Jika mereka tidak lagi tertarik pada email ini, mereka mungkin mulai melihat email sebagai spam melalui informasi cara unsubscribe dapat digunakan penerima untuk berhenti menerima newsletter.

Selain cara-cara yang telah penulis paparkan diatas, masih ada beberapa tools dan alat yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan web, perkembangan teknik dan perangkat internet tools ini meningkat berbanding dengan --- pertumbuhan penggunaan internet. UKM di Indonesia harus mengikuti perkembanganya dan memanfaatkanya untuk memasarkan websitenya agar kita tidak tertinggal jauh dari negara lain. Diharapakan dengan memanfaatkan internet dengan Teknik dan perangkat terkini dalam memasarkan produk dan website UKM, akan menigkatkan produktivitas unit usahanya. Disinilah letak peran strategis UKM, diberdayakan agar bisa masuk dan ambil bagian di dunia online. Dengan berkembangnya bisnis online akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun