Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Bagaimana Cara Guru Memfasilitasi Proses Belajar Bagi Siswa di K13?

23 Agustus 2014   01:18 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:49 951 0
assalamualaikum

Perkenalkan nama saya Aprilia kartikawati,dari FIP jurusan BK unj,saya akan menganalisis sebuah masalah mengenai bagaimana cara memfasilitasi proses belajar bagi para siswa k13?


  1. "Apa itu Memfasilitasi? Masyarakat umum mengartikan pembelajaran sebagai kegiatan guru untuk menyampaikan informasi kepada siswa. Mereka menganggap bahwa guru hanya satu-satunya sumber informasi. Apabila siswa tidak mengajukan pertanyaan,seringkali guru  menganggap bahwa siswa sudah ''mengerti''. Di sisi lain,siswa menjadi pihak yang pasif,mengakibtakan siswa jadi nggak kritis dan memandang informasi semata-mata hanya ilmu pengetahuan yang musti diketahui." (Mari Bicara tentang Pendidikan. hal:7) Melihat persoalan diatas,kita harus melakukan perubahan pandangan dengan proses memfasilitasi. Hal ini berarti proses pembelajaran,hal terpenting yang harus diprioritaskan adalah bagaimana menciptakan suasana kelas yang membantu siswa untuk berpendapat. Guru mendorong siswa untuk menggali,menemukan dan membangun sendiri pengetahuan setelah para siswa berdiskusi. Jadi intinya adalah GURU=FASILITATOR bukan GURU=SUMBER PENGETAHUAN.
  2. ''Di sisi lain,siswa menjadi pihak yang pasif,mengakibtakan siswa jadi nggak kritis dan memandang informasi semata-mata hanya ilmu pengetahuan yang musti diketahui." (Mari Bicara tentang Pendidikan. hal:7) Hello sudah nggak zaman kali siswa pasif dulu saat saya SMA tiap kelompok malahan disuruh buat soal sebanyak 25 butir disertakan jawabannya,lalu kelompok harus menjawab soal dari kelompok lain,guru saya menyebutnya sebagai sistem DARI DAN UNTUK MURID. Saya menyebutnya sebagai ya... hampir mirip lah namanya yakni BELAJAR BEBAS AKTIF :p.
  3. Beberapa guru beranggapan bahwa cara mendikte adalah cara yang paling akurat,menurut saya guru sekarang itu fasilitator,bukan tukang dikte. Bagaimana cara menjadi fasilitator? 1. menyakini bahwa setiap siswa memiliki kemampuan berbeda,2. mau meneriman pendapat siswa,3. tidak mendominasi kelas,4.mendorong siswa untuk ikut dalam kegiatan kelas. selain itu kan bosen jika dikelas itu tegang karena itu musti fasilitator harus merencanakan kegiatan dengan baik,menciptakan situasi aktif,mengendalikan dinamika kelas,menghidupkan suasana yang asyik,menuliskan pendapat siswa serta merangkum diskusi.
  4. Penunjang Proses Belajar
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun