Mohon tunggu...
KOMENTAR
Film Pilihan

Miniseri "Chernobyl"

23 Maret 2020   07:11 Diperbarui: 23 Maret 2020   07:14 216 3

CHERNOBYL

Siapakah orang yang menganggap Joseph Goebbels adalah pahlawan? Mungkin tidak ada. Namanya "seharum" Adolf Hitler. Dan warisan Goebbels yang masih dikenang adalah teori "big lie". Sebarkan kebohongan terus menerus, maka kebohongan itu lama kelamaan akan dianggap menjadi kebenaran. Biarkan masyarakat terus menerus mengkonsumsi kebohongan, hingga mereka lupa apakah itu kebenaran.

Kisah tentang Chernobyl adalah kisah tentang "kebohongan". Kita juga tentu tahu, banyak kisah bohong-bohongan lain. Yang lebih hebat dan menggegerkan. Tapi, bagaimanapun cara Uni Soviet berusaha menutupi "kebohongan" itu, kenyataan pada akhirnya tetaplah berbicara. Kita mungkin tak akan tahu kenyataan sebenarnya kejadian hari itu. Karena kita begitu dibanjiri dengan informasi yang kadang tidak saling mendukung. Sama sulitnya seperti kita ingin tahu cerita sebenarnya tentang runtuhnya Majapahit. Atau cerita sebenarnya tentang perang salib.

Kita hanya tahu nama pembangkit listrik itu Chernobyl. Tapi pernahkah kita tahu nama aslinya? Nama resminya sebenarnya PLTN Vladimir Ilyich Lenin. Pembangkit listrik itu, menyandang nama tokoh kebanggaan seluruh Uni Soviet. Bukankah itu juga berarti simbol? Seperti Adolf Hitler yang begitu bernafsu mempertaruhkan tentaranya di Stalingrad, kota industri yang menyandang nama Josef Stalin. 

KEMBALI KE ARTIKEL