Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Fisika untuk Hiburan 59 (Cairan): Cairan Menekan ke Atas?

7 Agustus 2021   22:45 Diperbarui: 7 Agustus 2021   22:45 90 3

Prinsip Archimedes, hukum fisika daya apung, ditemukan oleh matematikawan dan penemu Yunani kuno Archimedes, yang menyatakan bahwa:
Setiap benda yang seluruhnya atau sebagian terendam dalam cairan (gas atau cairan) dalam keadaan diam mengalami gaya ke atas, atau gaya apung, yang besarnya sama dengan berat cairan yang dipindahkan oleh benda tersebut.

Volume cairan yang dipindahkan sama dengan volume benda yang tercelup seluruhnya ke dalam cairan atau sama dengan fraksi volume di bawah permukaan benda yang tercelup sebagian ke dalam zat cair.

Sekarang kita lihat aplikasi dari prinsip Archimedes dalam topik Cairan dari Fisika untuk Hiburan.

Bahkan orang yang belum pernah mempelajari fisika tahu bahwa cairan menekan ke bawah pada dasar bejana yang menahannya dan ke samping pada dinding bejana.

Namun, banyak orang yang tidak pernah menduga bahwa cairan juga menekan ke atas. Kaca lampu teplok akan dengan mudah mengungkapkan hal ini.

Gunting selembar kardus menjadi sebuah cakram yang cukup besar untuk menutupi bagian atas kaca lampu teplok. Tutup bagian atas kaca dengan cakram kardus dan kemudian benamkan kaca lampu ke dalam toples berisi air seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan